Pendidikan

Hadi : Sekolah Wajib Galakan Semangat Cinta LH

Hadi : Sekolah Wajib Galakan Semangat Cinta LH Hadi : Sekolah Wajib Galakan Semangat Cinta LH

BALIKPAPAN  (6/4-2021)

 Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menilai sekolah yang menerapkan program ramah lingkungan akan memberi manfaat banyak kepada anak didik.  Program Adiwiyata tidak saja mengenalkan masalah menjaga lingkungan tetapi bagaimana membuat lingkungan lebih nyaman dan asri sehingga anak didik betah, selain itu menumbuhkan semangat untuk selalu memanfaatkan  lingkungannya dengan bijak.

Saat memmbuka  Peningkatan Kapasitas Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi, Nasional dan Mandiri se Kalimantan Timur Tahun 2021Wagub Hadi Mulyadi menegaskan  seharusnya setiap sekolah  selayaknya berwawasan Adiwiyata. “Kadang-kadang, sekolah atau guru kalau tidak diprogram, tidak ada rasa tanggungjawab atau menganggap tidak ada yang perlu diperjuangkan," kata mantan Legislator Karang Paci dan Senayan ini.

Padahal lanjutnya, lingkungan hidup itu oleh semua agama patut menjadi perhatian setiap orang.  Diacara yang  dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim  Encek Achmad Rafiddin Rizal, pejabat Kementerian LHK Windarti dan Oktareza Wahyu Rusatmoko ini, saat ini dunia sudah terancam dengan  muncul ancaman-ancaman lingkungan seperti pemanasan global, bencana dan efek rumah kaca serta masalah lingkungan lainnya.

"Bayangkan, sejak Januari hingga Maret telah terjadi 985 musibah atau bencana di negeri kita ini, belum termasuk April. Dan semuanya itu sekitar 95 persen berhubungan langsung dengan alam atau lingkungan," tegas Hadi megingatkan peserta pertemuan.

Karenanya, pesan Hadi, kesadaran menjaga dan memeilihara lingkungan dan alam bukan sekedar kewajiban sebagai warga negara, tetapi manusia atau pribadi yang beradab. "Mencintai dan melestarikan lingkungan adalah budaya yang harus muncul dalam pribadi diri sendiri. Tidak dipaksakan, tidak sekedar perlombaan untuk jadi juara. Tapi murni kesadaran diri untuk menjaga dan memelihara lingkungan," pesannya.

Mantan guru ini,  berharap guru  mampu menggugah anak didiknya bagaimana peduli terhadap lingkungan agar terus terjaga, tanpa mengharap juara atau apa pun bentuknya. “Peran guru besar dalam menanamkan semangat cinta anak murid untuk menjaga lingkungannya,” kata Hadi sebelum melaunching aplikasi program website "Papa Dita" atau Para Pejuangan Adiwiyata yang merupakan  aksi perubahan Tutik Rahayu Ningsih dari Dinas LH Kaltim.(sK07)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020