Kesehatan

Moderna dan Pfizer Bakal Masuk Kaltim, Terkendala Tempat Penyimpanan

Moderna dan Pfizer Bakal Masuk Kaltim, Terkendala Tempat Penyimpanan Vaksin Moderna (Foto ist)

SAMARINDA (17/7-2021)

Menyongsong kedatangan vaksin Covid 19 merek Moderna dan Pfizer, Pemerintah Provinsi Kaltim melakukan inventarisasi  tempat  penyimpan vaksin terutama di kabupaten dan kota karena vaksin yang bakal tiba bulan Agustus mendatang mempunyai kreteria tersendiri yakni suhunya minus hingga 70 derajat.

Andi Muhammad Ishak sebagai  Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak, menyebutkan saat ini tempat penyimpanan vaksin buatan Amerika masih sedikit, sama dengan vaksin Pfizer yang dibuat Jerman.

Andi menyebutkan, kesiapan Kaltim menyediakan tempat yang memenuhi standar akan menjadi rujukan Kemenkes untuk menyalurkan ke Kaltim. Untuk sementara, alat yang ada hanya bisa menampung vaksin Merk Sinovac yang dibuat di China. “Karena Sinovac banyak yang menggunakan, sehingga ketersediaanya di Kaltim kurang akibatnya berdampak terhadap jumlah masyarakat yang sudah divaksin,” terangnya.

Dijelaskan, vaksin Pfizer atau BNT162b2 adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid 19.  Vaksin Pfizer dikembangkan sejak tahun 2020 buah karya bersama perusahaan  BioNTech Jerman  dengan perusahaan farmasi asal Amerika, Pfizer.

Vaksin Pfizer adalah vaksin mRNA yang  memicu sistem sistem kekebalan tubuh membentuk spike protein, yang nantinya akan membantu tubuh membentuk antibodi yang dapat melawan virus Corona.

Sementara Moderna merupakan vaksin Covid-19 jenis mRNA yang ditujukan untuk orang berusia 18 tahun ke atas. “Vaksin Moderna memiliki efikasi mencapai 94,1 persen untuk mencegah infeksi Covid-19 pada orang yang menerima dua dosis vaksin, selain itu  Moderna  efektif dalam uji klinis untuk mencegah Covid-19 di antara orang-orang dengan berbagai kategori usia, jenis kelamin serta ras,” ungkap Andi Muhammad Ishak.(SK05/07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020