Kalimantan Timur

Swasta Diajak Siap Terlibat Pembangunan Kawasan IKN

Swasta Diajak Siap Terlibat Pembangunan Kawasan IKN Menteri PUPR Basuki saat meninjau jalan di Sepaku Semoi yang menjadi akses utama ke kawasan IKN.(Foto Ist)

SAMARINDA  (11/3-2022)

 Ketersediaan infrastruktur jalan dan jembatan   peran penting  mendukung pembangunan di kawasan Ibukota Negara Nusantara (IKN)  IKN,  sehingga harus terjalin  sinergi antara stakeholder penyelenggaraan jalan dan jembatan yakni Kementerian PUPR, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kaltim, Dinas PUPR kabupaten kota dan  Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) sebagai organisasi profesi bagi para perencana, pelaksana, pengembang jalan dan transportasi.

Sekretaris Dinas PUPR dan Pera Provinsi Kaltim Dadang Irwan, padfa Seminar Nasional yang garapan  DPD HPJI Kaltim, menyebutkan  pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari DKI Jakarta ke Nusantara (PPU-Kaltim,red)   berpengaruh terhadap  peningkatan pembangunan dan perekonomian khususnya terhadap sektor infrastruktur jalan dan jembatan yang merupakan faktor penting untuk mendorong konektivitas sekaligus  kunci perkembangan wilayah dan daya saing khususnya di Provinsi Kaltim.

"Sampai dengan saat ini kondisi kemantapan jalan yang ada di Kaltim masih perlu ditingkatkan, karena itu  Dinas PUPR dan Pera Provinsi Kaltim Bersama-sama Kementerian PUPR dan Dinas PUPR kabupaten dan kota berkomitmen untuk meningkatkan kualitas jalan menjadi lebih baik, mantap dan berkeselamatan untuk mendukung pembangunan IKN di Provinsi Kaltim," sebut Dadang yang hadir mewakili Kepala Dinas PUPR Kaltim.

Diungkapkan,  Jalan Nasional di Provinsi Kaltim sepanjang 1.409,94 Km dengan  kondisi tidak mantap  sepanjang 301,01 Km  sedangkan untuk kemantapan Jalan Provinsi di Kaltim  ada  673,13 Km, dan tidak mantap 221,97 Km.

Dinas PUPR Provinsi Kaltim, jelasnya,  melalui Bidang Bina Marga pada  tahun anggaran 2021 melaksanakan beberapa kegiatan dengan paket pekerjaan  untuk mendukung akses jalan menuju kawasan IKN antara lain  Rekonstruksi Ruas Jalan Semoi Sepaku – Petung.

Selain itu,  pembangunan turap, talud dan bronjong ruas jalan Km 38 Semoi-Sepaku serta  pengadaan lahan ruas jalan akses Jembatan Pulau Balang Sisi Balikpapan. "Kami berharap dalam pembangunan IKN peran swasta juga ambil bagian dalam mendukung kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan pembangunan IKN," imbuhnya.(SK03)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020