Kalimantan Timur

Tingkat Hunian di RSU AWS Melebihi Kapasitas, Pasien Covid 19 Meningkat

Tingkat Hunian di RSU AWS Melebihi Kapasitas, Pasien Covid 19 Meningkat Karena diisolasi, pasien penderita Covid 19 dipantau melalui layar CCTV sementara tenaga kesehatan yang berada di dalam tak bisa keluar walupun sedetikpun.

SAMARINDA (11/2-2021)

Kondisi ruangan di RSU Abdoel Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda, sudah mengkhawatirkan. Ruangan yang ada sudah penuh sementara jumlah pasien yang masuk terus bertambah setiap harinya. Usai mengikuti rapat evaluasi Satgas Covid 19 Kaltim, Rabu (10/2) kemarin,  Direktur RSU AWS, David Hariadi Masjhoer menyebutkan semua ruang penuh. 

Dijelaskan, saat ini ada  65 tempat tidur namun  terbagi untuk perawatan covid, perawatan ibu hamil dengan covid, perawatan pasien baru lahir dengan covid, pasien cuci darah dengan covid dan ICU covid.

Bersama Satgas lainny, dijelaskan, pasien covid yang dirawat   bukan hanya covid saja, tapi pasien dengan komorbid banyak juga menderita covid. Diungkapkan, dari 60 tempat tidur atu bed cccupancy rate (BOR)  sudah mencapai  80 persen. “Ini bukan hotel yang menguntungkan, tetapi berdasarkan ketentuan atau secara teori sudah kelebihan kapasitas karena  standarnya kalau 60 - 70 persen BOR itu terisi, sudah ideal. Kalau 80 persen, hampir terjadi over," sebutnya.


Oleh karenanya, lanjut David, pihak AWS terus berupaya mensiasati agar pasien baru covid bisa tertampung. Caranya, ujarnya, bagaimana pasien meskipun kondisi masih perlu pengawasan tapi ketika hasil swabnya negatif maka segera pindahkan ke zona hijau.


Tujuannya adalah zona merah ini agar selalu ada buffer untuk tempat tidur kosong bagi pasien baru dan datang dalam kondisi perlu perawatan. Bahkan, pada Rabu pagi ada  8 pasien menunggu di UGD untuk masuk ke ruang perawatan.


Ditambahkannya, walaupun jumlah pasien covid terus bertambah sebab kondisi pandemi ini, namun pihak AWS terus berupaya memberikan pelayanan maksimal. “Kasihan juga warga kita, karenanya mari kita bersama-sama melawan Covid 19 karena setiap pasien yang masuk RSU AWS jika ada Covid 19 maka Covid 19 yang dirawat dulu, baru penyakit lainnya,” bebernya.(sK08)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020