Olahraga

Semarak Malam Pembukaan PON Papua

Semarak Malam Pembukaan PON Papua Kembang api menjadi salah satu bagian menyemarakan Pembukaan PON XX di Papua

JAYAPURA (2/10-2021)

          Pembukaan PON XX di Papua, berlangsung megah dan bernuansa kebersamaan sebagai anak bangsa yang mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

          Bertempat  di Stadion Lukas Enembe Sentani, sebut Gubernur Kaltim Isran Noor, Sabtu (2/10) punya makna mendalam bagi semua anak bangsa. “Rangkaian acara pembukaannya berlangsung bagus, penuh makna dan memberikan pemahaman besar bagi anak bangsa yang datang ke tanah Papua terlebih yang kali pertama ke Papua,” kata Isran usai mengikuti pembukaan.

          Pembukaan PON XX dilakukan Presiden Jokowi disaksikan Ketua DPR-RI Puan Maharanoi serta sejumlah menteri Indonesia Maju. Acara yang dikemas apik melalui tata lampu dan musik yang baik, ditambah kembang api membuat acara yang dimulai pukul 19.00 WIT itu, terkesan megah.

          Acara pembukaan dimulai sejak pukul 18.00 Wita, seiring mulai datangnya undangan VIP dan VVIP. Selain itu, ribuan warga Papua juga rela antri berjam-jam ingin masuk Stadion Lukas Enembe yang dibangun berskala internasional.

          Setelah  Presiden Jokowi memasuki panggung kehormatan, prosesi pembukaan dimulai termasuk defile masing-masing perwakilan kontingan. Sebelum menempati kursi di bagian tengah lapangan, peserta PON XX terlebih dahulu melintasi air terjun kemudian disambut penari yang memegang Tipa sebuah alat musik khas Papua.

          Satu persatu prosesi acara dimulai hingga Presiden Jokowi menyampaikan sambutan dan menyatakan PON XX dimulai. Dipenghujung acara, PB PON XX menyajikan pesta kembang api sehingga membuat pembukaan semakin megah dan penuh warna. “Rayakan PON dengan suka cita, menjunjung tinggi sportifitas. PON XX merupakan panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan dan keadilan untuk maju dan kesejahteraan bersama dalam bingkai NKRI,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya yang juga mengakui akan kemajuan Papua hingga bisa menggelar event besar seperti PON XX yang berakhir tanggal 15 Oktober 2021 nanti.(SK07)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020