Kalimantan Timur

RSI Segera Beroperasi Lagi

RSI Segera Beroperasi Lagi Asisten Pemkesra Setda Kaltim M Jauhar Effendi saat dialog interakitif di RRI Samarinda terkait pengoperasioan RSI Samarinda.(Foto ist)

SAMARINDA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim terus mendukung  Rumah Sakit Islam (RSI) Samarinda, kembali  beroperasi. Dukungan yang diberikan beragam diantaranya menyediakan anggaran sebesar Rp1,9 M pada tahun 2021. Sementara , pengoperasian kini berada ditangan pihak Yayasan RS Islam (YARSI).

"Alhamdulillah, informasi Direktur RSI dr Didik Santosa, proses perijinan sudah dilayangkan ke PTSP Samarinda secara online. Bahkan, Sekda Kota Samarinda sudah diminta untuk mengawal proses tersebut," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi ketika didaulat RRI Samarinda dalam dialog Halo Kaltim untuk menjadi salah satu narasumber mewakili Pemprov Kaltim, Selasa (9/2) pagi.

Menurut Jauhar, dibukanya kembali RSI menjadi harapan warga masyarakat Samarinda. Bahkan, pendengar setia RRI dari Kutai Barat, sangat mendukung dan berharap RSI Samarinda bisa beroperasi kembali.

Di tengah keterbatasan kemampuan Pemerintah dan Rumah Sakit menampung Pasien Covid-19, tentu rencana dibukanya kembali RSI Samarinda, bak orang yang berada di Padang Pasir, menemukan oase, mata air yang bisa untuk menghilangkan dahaga di tengah terik matahari.

"Persyaratan proses perijinan telah dipenuhi. Termasuk Perjanjian Kerjasama antara Yayasan dengan Pemprov Kaltim. Demikian pula halnya telah disiapkan sejumlah dokter dan perawat yang akan memberikan pelayanan," jelasnya.

Meski demikian, tentu hal ini nanti akan dilakukan visitasi dan kalau perijinan sudah keluar. Begitu juga Unit yang akan dibuka dulu adalah Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan klinik. Selanjutnya perlahan-lahan akan dibuka unit layanan yang lain. "Semoga segera terwujud. Aamiin," ucapnya.

Dialog juga menghadirkan narasumber Direktur RSI Samarinda dr Didik Santosa dan Pengamat Pemerintahan asal Unmul Dr Iman Surya.(*/sK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020