Kutai Timur

Kiprah Desa Wujudkan Desa Maju

Kiprah Desa Wujudkan Desa Maju Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) HM Syirajuddin bersama Asisten Pemkesra Setda Kutim Suko Buono saat berada di Desa Sekerat Benaglon.

SAMARINDA (29/6-2021)

Pembangunan desa harus   dilakukan  berkesinambungan  yang mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan pemeliharaan, agar pembangunan dapat terjamin aspek efisiensi, efektifitas maupun kualitasnya.

Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD)  Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) HM Syirajuddin, menjelang pembukaan Kiprah Desa yang digelar di Desa Sekerat Kecamatan Bengalon, Selasa (29/6-2021) mengungkapkan  proses yang baik dalam pembangunan desa  memerlukan pembinaan dan pengawasan secara terus menerus, hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan monitoring, dan evaluasi dan pelaporan.

                “Monitoring dan evaluasi merupakan   bagian yang tidak dapat dipisahkan dari mekanisme pembinaan dan pengembangan operasional program atau kegiatan dan merupakan fungsi melekat yang sangat diperlukan dalam suatu proses administrasi dan managemen, sehingga dapat berhasil sesuai dengan tujuan yang telah diharapkan,” terangnya.

                Sebagai Perangkat Daerah (PD) yang bertanggungjawab terhadap pembangunan desa di Kaltim, diakui melakukan berbagai cara untuk mewujudkan desa yang berhasil diantaranya Kiprah Desa yang bertujuan mengamati kegiatan yang sedang berlangsung serta  serta kegiatan evaluasi, untuk menilai perkembangan pelaksanaan program  yang sudah dan sedang berjalan.

Lewat Kiprah Desa  terjadi Sinergitas Program dan Kegiatan Prioritas Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa di Kaltim  serta dapat dihimpun permasalahan, dan kendala pelaksanaan di lapangan sehingga dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan sebagai tindaklanjutnya di masa masa mendatang.

                Karena itu, lanjut mantan Pj Bupati Kubar ini,  sasaran Kiprah Desa yang digelar Bidang Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan jajaran  Dinas PMD  Kutai Timur, Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat serta para pemangku kepentingan yang berhubungan dengan bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa. “Banyak yang hal yang diharapkan diantaranya  Menciptakan sinergitas program pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa serta Mengidentifikasi pokok-pokok permasalahan dan langkah pemecahannya,” bebernya.

                Kegiatan yang digelar di tepi laut ini, menghadirkan Kasi Intel Kejari Kutim, DR Yudo Adianato SH, MH, kemudian AKP Abdul Rauf dari Polres Kutim, Gazali Rahman (Itwilprov Kaltim), Ata Sumitra AK dari BPKP Kaltim.(SK03)

 

 

 

 

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020