Kalimantan Timur

Isran : Kerja Sama Ditawarkan Bermacam-Macam

Isran : Kerja Sama Ditawarkan Bermacam-Macam Gubernur Kaltim Isran Noor menyerahkan cendramata kepada nara sumber sosialisasi kerjasama

SAMARINDA (3/11)

                Kerjasama antar daerah bertujuan memberikan dampak positif terhadap pembangunan daerah, karena dengan kerjasama yang baik akan saling memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan rakyat. Namun kerjasama yang dilakukan harus dirumuskan dengan baik dan tidak melanggar aturan, namun mudah diimplementasikan.

                Gubernur Kaltim Isran Noor, saat membuka  Sosialisasi Permendagri Nomor 22 tahun 2020 tentang tata cara kerja sama daerah dengan daerah lain dan kerja sama dengan pihak ketiga, dan Permendagri Nomor 25 tahun 2020 tentang tata cara kerja sama daerah  dengan Pemerintah Daerah di Luar Negeri dan kerja sama daerah dengan Lembaga di Luar Negeri yang diselenggarakan  Bagian Kerjasama Biro Humas Setprov Kaltim, Selasa (3/11) mengakui kerjasama yang dilakukan Pemprov Kaltim selama ini telah memberikan manfaat bagi Kaltim.

“Sosialisasi tentang kerjasama ini dapat membangun hubungan harmonis antara pemerintah daerah dengan kepala daerah se Indonesia maupun pemerintah dan lembaga di luar negeri, diharapkan sosialisasi ini dapat menjadi pedoman bagi daerah dalam meningkatkan kapasitas di bidang kerja sama, baik dengan kepala daerah se Indonesia maupun, pihak ketiga, pemerintah dan lembaga-lembaga luar negeri. Sehingga hubungan kerja sama pembangunan semakin harmonis," kata Isran Noor.

Bersama  Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim Fathul Halim, Kepala BPKAD Kaltim HM Sa'duddin, Sekretaris Bappeda Kaltim Sufian Agus dan Plh Karo Humas Setprov Kaltim Andik Riyanto, disebutkan  banyak kerja sama yang bisa ditawarkan kepada pihak ketiga maupun daerah lainnya serta pemerintah dan lembaga luar negeri antara lain bidang kepariwisataan.

"Kerja sama yang ditawarkan tentu bermacam-macam, yang jelas untuk menumbuhkan peningkatan ekonomi masyarakat. Misalnya sektor wisata. Karena, saat ini sektor wisata menjadi bagian pendukung pertumbuhan ekonomi nasional," sebutnya.

Plh Karo Humas Kaltim, Andi Riyanto menerangkan selama sosialisasi sebagai  narasumber Plt Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Setjen Kemendagri Bachril Bakri, Kasubdit Kerja Sama dan Penyelesaian Perselisihan Antar Daerah Direktorat Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Evan Fardianto. “Sosialisasi ini digelar karena Permendagrinya baru, karenanya semua daerah diharapkan bisa mengetahui sehingga proses kerjasama yang dilakukan bisa terlaksana cepat,” terang Andi Riyanto yang kesehariannya Kabag Humas.(08)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020