Kutai Timur

5000 Warga Kutim Terima BT-PKLWN

5000 Warga Kutim Terima BT-PKLWN Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyerahkan BT-PKLWN di Makodim 0909 Kutim.(Foto Bagian ADPIm Kutim)

SANGATTA (9/4-2022)

                Lima ribu orang warga  warga Kutai Timur (Kutim), Jumat (8/4 ) kemarin  menerima Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BT-PKLWN) dari TNI.  Bantuan yang diserahkan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di Makodim 0909 Kutim, dilakukan bersamaan dengan  peluncuran program BT-PKLWN TNI 2022 oleh Kodim 0909 Kutim.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi Program BT-PKLWN yang diluncurkan TNI, karena di  Kaltim  hanya Kutim yang dipilih.  “Terima kasih kepada TNI, Pangdam VI Mulawarman dan  serta Kodim 0909 Kutim selaku penyalurkan BT-PKLWN,” kata Ardiansyah.

Disaksikan Ketua DPRD Kutim Joni, Wabup Kasmidi Bulang, Dandim 0909 Kutim Letkol Czi Heru Aprianto, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, Wakapolres Kutim Kompol Damus Asa, sejumlah perwakilan penerima, ia mengaku senang bantuan yang disalurkan mengalami peningkatan dari 1.500 menjadi 5.000. “Bantuan TNI sangat berarti, apalagi di masa pandemi COVID-19 ini dan khususnya bagi masyarakat Kutim yang telah terdampak banjir beberapa waktu lalu karenanya  penerima bantuan untuk menggunakan dengan  hal-hal yang sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Dandim 0909 Kutim Letkol CZI Heru Aprianto menerankan, Kodim Kutim  diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk menyalurkan BT-PKLWN dalam jumlah banyak berdasarkan berbagai pertimbangan.

“Tahun 2022, pemerintah melanjutkan program BT-PKLW dengan tambahan nelayan sebagai penerima manfaat. Khusus untuk nelayan, ini adalah program pertama di tahun 2022. Karena itu perlu diberikan bantuan secara tunai untuk PKL, warung dan nelayan yang belum mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro dimana  penyalurannya dilakukan TNI-Polri,” jelasnya.

Disebutkan, BT-PKLWN 2022 menyasar 212 kabupaten dan kota yang masuk dalam Roadmap Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem 0 persen pada 2024. Menurut Dandim, Kutim menjadi salah satu daerah penerima setelah melalui pertimbangan khusus sehingga Kutim terpilih untuk wilayah Kodam VI Mulawarman.

Ia menambahkan, dana  BT-PKLWN sebesar Rp 600 per orang, Khusus  nelayan, kriterianya  pelaku usaha kelautan dan perikanan yakni nelayan buruh, nelayan penangkap ikan tanpa kapal, atau nelayan pemilik kapal kurang dari 5 GT (gross tonnase).

Agar tidak terjadi duplikasi penerima, proses penyaluran difasilitasi dengan sistem informasi BT-PKLWN POLRI (Puskeu Presisi) dan sistem informasi BT-PKLWN TNI. “Semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerima, terima kasih juga melalui pemerintah untuk penyaluran ini,” harap Dandim Heru Aprianto.(SK06)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020