Kalimantan Timur

Disbun Kembangkan Pala dan Serai Wangi

Disbun Kembangkan Pala dan Serai Wangi Perkebunan lada di Kaltim

SAMARINDA (12/12-2020)

Potensi perkebunan masih terbuka di Kaltim, karenanya selain mendorong pengembangan kelapa sawit, kakao, karet, kelapa dalam dan lada pada tahun 202, Disbun Kaltim akan  mengembangkan tanaman Pala dan Serai Wangi.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad  menyebutkan pengembangan dua komoditi baru berupa tanaman pala dan serai wangi sebagai bahan baku industri atau produksi minyak atsiri. Dijelaskan, sesuai masterplan kawasan perkebunan berbasis korporasi petani yang telah dipetakan berdasarkan potensi masing-masing daerah.

Ujang berharap pengembangan tanaman pala dan serai wangi diminati petani, sehingga berimbas pada ketersediaan bahan baku untuk industri minyak atsiri. "Minyak atsiri merupakan salah satu komoditas ekspor agroindustri potensial sebagai sumber devisa," jelasnya.

Diakui, permintaan pasar untuk minyak atsiri dalam maupun luar negeri semakin meningkat. Terutama untuk memenuhi industri pangan, farmasi, dan kosmetik. "Semoga Kaltim bisa menjadi sentra tanaman pala dan serai wangi untuk produk minyak atsiri atau turunan minyak atsiri," harapnya.(sK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020