Kalimantan Timur

Gubernur Launching  Aplikasi Secepat Mobil

Gubernur Launching  Aplikasi Secepat Mobil Gubernur Kaltim Isran Noor saat melauching Secepat Mobil yang dibuat Bappeda Kaltim.(Foto Humas Kaltim)

SAMARINDA (5/11)

Gubernur Kaltim H  Isran Noor resmi melaunching   Aplikasi  Tepra  Secepat Mobil ( Sistem  Informasi Cepat Untuk Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran  Berbasis Mobile APP (Smarphone),   yaitu sebuah terobosan  dan inovasi  yang dilakukan Pemprov Kaltim dalam upaya mewujudkan percepatan realisasi anggaran  di Provinsi Kaltim.

Isran Noor  mengatakan Aplikasi Secepat Mobil ini  adalah sebuah aplikasi  yang dapat  mempercepat dan mempermudah untuk mengetahui perkembangan dan data bagaimana serapan atau pelaksanaan  program proyek yang ada Provinsi Kaltim secara lokal.   

“ Kita harapkan dengan diresmikannya  Aplikasi TEPPRA  Secepat Mobil ini, dapat membantu  kita semua  termasuk  para pimpinan OPD atau lembaga dilingkungan  Pemprov Kaltim,  dalam mewujudkan percepatan reaslisasi anggaran,” kata Isran Noor, diruang Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Kamis  (05/11//2020).

Kepala Bappeda Provinsi Kaltim Prof. Dr. Ir. H. Aswin, MM  yang  juga sebagai Ketua TEPRA Kaltim mengatakan  Aplikasi Secepat Mobil merupakan sebuah bentuk transparansi  digital dalam optimalisasi pelaksanaan  tender di provinsi Kaltim.

“ Aplikasi ini memudahkan kita untuk mengetahui sejauh mana penyerapan anggran kita. Khusus kepala dinas, kita bisa membandingkan apakah kita sudah di atas rata-rata nasional ataukah masih di bawah rata-rata nasional, atau di atas rata-rata Provinsi atau sebaliknya,” tandas  HM Aswin.

Aswin menambahkan, Aplikasi   ini merupakan upaya dalam rangka pengembangan inovasi perkembangan dari sistem informasi pelaporan Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) terbaru berbasis ponsel pintar.  Dan aplikasi Secepat mobil  tersebut guna mendukung dan mensukseskan program Pemprov  Kaltim terutama untuk mengetahui penyerapan anggaran masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah di atas rata-rata.

“Tujuan aplikasi ini dibuat untuk mengetahui tersedianya data realisasi APBD, diharapkan dalam jangka panjang Secepat Mobil ini  dapat menyediakan data dan informasi pelaksanaan APBD Kabupaten/Kota se-Kaltim,“ kata Aswin.

Launching  Aplikasi  Secepat mobil  ditandai  penekanan tombol lockins  sistem Aplikasi Secepat Mobil disakasikan langsung  Sekprov Kaltim Muhammad Sa’bani, Asiten  Administarsi Umum Setdaprov Kaltim H Fathul Halim, Kepala BPKAD Kaltim M Sa’aduddin,  serta seluruh kepala OPD dilingkup Kaltim secara  virtual.(mar/yans/humasprov kaltim.poto:adi’s/adv)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020