Kutai Timur

Warga Kutim Pilih Pemimpin Lagi, Banyak Belum Terima C6

Warga Kutim Pilih Pemimpin Lagi, Banyak Belum Terima C6 warga sedang mengikuti proses pemilihan di sebuah TPS

SANGATTA (9/12-2020)

Sebanyak 231.811 orang warga Kutim hari ini menentukan pilihan akan pemimpin mereka untuk periode 2021-2026 mendatang. Pemilih yang sudah terdata di DPT KPU ini, memberikan suaranya di 769 suara yang tersebar di 141 desa.

Berdasarkan DPT,  Daerah Pemilihan (Dapil) yang jumlah pemilihnya paling banyak yakni  Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, Muara Ancalong, Muara Bengkal, Telen, Batu Ampar, Long Mesangat dan Busang, kemudian  Sangatta Utara dengan 63.058 pemilih. 

Warga yang sudah punya surat undangan, dimbau Ketua KPU Kutim Ulfa Jamiatul Farida untuk menggunakan hak suaranya dengan benar. Sementara yang belum dapat bisa mendaftar di TPS terdekat dengan memperlihatkan KTP dan KK untuk didaftar sebagai pemilih tambahan.

Iapun menerangkan, di Pilkada Tahun 2020 tidak serumit saat Pilpres atau Pemilu, namun  pemilih  adalah yang ber-KTP identitas yang ada di wilayah tempat tinggalnya.  “Jika pindah milih, syarat pertama sudah terdaftar dulu baru pindah milih  yang jelas di wilayah domisili yang ada di KTP namun jika KTP Muara Wahau pada hari H  nyoblos  di Sangatta Utara menggunakan KTP  tidak bisa. Jadi KTP bisa digunakan di wilayah TPS dimana alamat dokumen identitasnya berbunyi seperti itu,” terangnya.

Sementara itu sejumlah warga yang merasa sebagai pemilih, mengaku belum dapat surat undangan bahkan tidak terdaftar dalam DPT. Sugiono misalnya menyebutkan pada Pemilu ia masih terdaftar, anehnya saat Pilkada tidak ada.(sK01/02/04)




editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020