Pendidikan

Pemkab Kukar Hibahkan Lahan Untuk ISBI

Pemkab Kukar Hibahkan Lahan Untuk ISBI M Syafranuddin - Karo ADPIM Setda Kaltim

SAMARINDA (11/4-2022)

Setelah stagnan beberapa tahun,  kini nasib Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim ada secercah harapan. Ini tiada lain karena Pemkab Kutai Kartanegara akan menghibahkan lahan untuk keperluan ISBI ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI).

               Kepala Biro ADPIM Setda Kaltim M Syafranuddin menerangkan penyerahan asset Pemkab Kukar ini  dilakukan Senin (11/4) pukul 13.30 WIB di Kantor Mendikbudristek di Jalan Jendral Sudirman Jakarta. “Asset berupa tanah yang diserahkan sebanyak dua bidang yakni seluas 306,623 M2 senilai Rp6,2 Miliar dan seluas 10.100 M2 senilai Rp1,8 miliar,” terangnya.

               Jubir Gubernur Kaltim ini membenarkan, ISBI Kaltim sulit beroperasi karena belum ada izin sehingga sulit bagi Pemprov Kaltim untuk memberikan dukungan anggaran dan lainnya. “Alhamdulillah, dibulan penuh ramhat ini ada surat datang yang intinya terkait dengan nasib ISBI Kaltim,” jelasnya seraya menambahkan serah terima asset untuk ISBI Kaltim ini Pemprov diwakili Wagub Hadi Mulyadi dan Pemkab Kukar oleh Bupati Edi Darmansyah.

Data yang ia terima, ISBI Kaltim sejak tahun 2019  tak menerima mahasiswa baru akibat anggaran untuk operasional yang tiada lain dampak  Pemprov Kaltim belum mendapat  legalitas ISBI Kaltim dari Kemendikbudristek.

Selama ini,  ISBI Kaltim berada di bawah asuhan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, sementara berbagai upaya dilakukan Pemprov Kaltim antara lain menyempurnakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kemendikbudristek, serta ISI.

ISBI Kaltim tak diizinkan melakukan penerimaan mahasiswa baru tahun 2019/2020 setelah Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti pada 2019 sehingga Pemprov hanya menuntaskan studi mahasiswa 2018/2019 yang sedang menempuh pendidikan. “Lulusan ISBI Kaltim telah mengabdikan diri sebagai guru di Samarinda dan Paser, mereka tak mengecewakan,” terang pria yang akrab disapa Ivan ini.(SK06)

 

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020