Kalimantan Timur

Tol Balsam Akhir Tembus Balikpapan

Tol Balsam Akhir Tembus Balikpapan Presiden Jokowi bersama Gubernur Kaltim Isran Noor saat meninjau Tol Balsam usai peresmian Seksi I dan V. (Foto Biro Pers Istana Presiden)

SAMARINDA (24/8-2021)

Presiden Joko Widodo mengakui Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam) merupakan tol pertama di Pulau Kalimantan. Saat meresmikan penggunaan Tol Seksi I dan V di Pintu Tol Manggar, Selasa (24/8). “Tol Balikpapan – Samarinda ini akan mendukung perekonomian masyarakat karena lebih mempercepat pembangunan Kaltim,” kata Presiden Jokowi.

Peresmian Tol Seksi I dan V atau lebih dikenal Tol Samboja – Balikpapan berlangsung singkat, saat tiba di lokasi, Presiden Jokowi mendapat penjelasan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seputar pembangunan Tol yang sudah dibangun sejak tahun 2009.

Bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Kaltim Isran Noor, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan KapolriJenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, presiden menekan akan artinya pembangunan Tol yang bisa memberikan dampak banyak bagi daerah dan masyarakat. 

Tol Balikpapan Samarinda dibangun sejak tahun 2009, kemudian sesuai Perpres RI Nomor 3 Tahun 2016 termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Tol yang sudah semakin memudahkan masyarakat beraktifitas ini panjangnya  97,99 Km yang terdiri  Seksi I Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 km), Seksi II SambojaMuara Jawa (30,98 km), Seksi III Muara Jawa-Palaran (17,30 km), Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 km) dan Seksi V ruas Sepinggan-Balikpapan Km 13 (11,09 km). “Insya Allah, sejak pukul 02.00 dini hari nanti Rabu (25/8) dibuka untuk umum dan selama 2 pekan digratiskan,” terang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.(*/SK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020