Kalimantan Timur

Menghemat Biaya dan Waktu, 2 Rakor Disatukan

Menghemat Biaya dan Waktu, 2 Rakor Disatukan Gubernur Kaltim isran Noor berbicara dengan Sekda Sri Wahyuni sebelum Rakorpim Kepala OPD serta Evaluasi Anggaran dimulai

SAMARINDA (22/4-2022)

               Rakor antar OPD yang digelar Pemprov Kaltim di Jakarta, semata-mata pertimbangan nara sumber yang dihadirkan tidak bisa datang ke Samarinda, disisi lain ada beberapa agenda yang disatukan termasuk kegiatan sejumlah kepala OPD.

               Kepala Biro Adpim Setda Kaltim M Syafranuddin menjelaskan tidak semua Kepala OPD dan Biro di Setda Kaltim yang ikut, karena  disesuaikan dengan kegiatan masing-masing. “Gubernur dan Wagub serta Sekda ada sejumlah kegiatan di Jakarta, demikian dengan beberapa Kepala OPD yang mendapat undangan sejumlah kementrian sehingga untuk praktisnya kegiatan evaluasi kinerja,  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  dan kegiatan lainnya  disatukan dengan memilih hari Jumat setelah semua kegiatan utama selesai,jadi Rakor yang digelar setelah shalat Jumat tadi memanfaatkan waktu saja,” terangnya.

               Ia menambahkan selama Rakor, sebagai nara sumber  dari Kementrain PAN dan RB yakni Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan  Kementerian PAN dan RB Prof Dr Erwan Agus Purwanto M Si kemudian  Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN dan RB Kamaruddin  Ak MSc. “Gubernur sangat berharap setelah mengikuti Rakor yang menghadirkan Kementrian PAN dan RB, ada perubahan signifikan meski acaranya secara kebetulan memanfaatkan waktu kegiatan sejumlah kepala OPD,” terangnya seraya menambahkan semula diharapkan hadir Menpan dan RB.

               Selain melakukan tugas kedinasan lainnya, terang Jubir Gubernur Kaltim, peserta Rakor yang hanya Kepala OPFD itu  juga melakukan evaluasi terhadap capaian kinerja tahun 2021 serta kegiatan triwulan pertama tahun 2022 kemudian bersama-sama melakukan penandatangan komitmen yang disaksikan Kementrian PAN dan RB.

               Komitmen Gubernur bersama Kepala OPD, lanjutnya, merupakan bagian dari rencana aksi yang dilakukan Pemprov Kaltim dalam perbaikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang selama ini menjadi perhatian Kemenpan dan RB.

Dibagian lain, dijelaskan, berapa Kepala OPD,  Sabtu (23/4) besok bersama Gubernur akan mengikuti Puncak Acara Swohcase dan Business Matching Tahap II di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. “Rata-rata Kepala OPD yang berangkat Jumat pagi, langsung dengan agenda masing-masing kemudian Jumat siang mengikuti dua agenda Rakor yang disatukan, besok sejumlah peserta kembali ke Kaltim kecuali yang akan mengikuti acara di JCC baru kembali Ahad lusa,” bebernya.(SK12)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020