Kalimantan Timur

Gubernur Bahas Perubahan Ikilm Dengan Hans Brattskar dari Norwegia

Gubernur Bahas Perubahan Ikilm Dengan Hans Brattskar dari Norwegia Suasana pertemuan Gubernur Isran dengan Hans Brattskar dari Norwegia

SAMARINDA (11/11-2021)

               Masalah perubahan iklim yang digalakan Pemprov Kaltim menjadi pembicaraan serius antara Gubernur Kaltim Isran Noor, Bupati Berau Sri Juniarsih, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yakub, dengan Hans Brattskar dari Norwegia.

               Pertemuan yang berlangsung 65 menit itu, secara khusus membahas bagaimana kedua daerah dalam melaksanakan program yang sudah diprogramkan beberapa tahun lalu. Kepada Hans Brattskar, dijelaskan program Pemprov Kaltim dalam mengelola dan melaksanakan program perubahan iklim. “Kaltim sebagai bagian Republik Indonesia, sangat kuat dalam melaksanakan program perubahan iklim seperti diharapkan banyak negara termasuk Norwegia karenanya kerjsama yang sudah disepakati hendaknya dapat direalisasikan,” ujar Isran dalam pertemuan yang dilaksanakan di lantai dua Paviliun Indonesia di COP 26 yang digelar di Glasgow Inggris.

               Dipertemuan yang terbilang santai itu, Hans mengemukan akan komitmen negaranya seperti dijanjikan pada tahun 2015 lalu. “Perhatian Pemerintah Kerajaan Norwegia atas isu perubahan iklim di Indonesia tetap tinggi, “ kata Hans dalam pertemuan yang dimulai pukul 10.00 waktu Inggris.

Gubernur Kaltim Isran Noor  ke Inggris diundang Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) Republik Indonesia (RI), Kamis (11/11) selain bertemu dengan Hans juga akan bertemu dengan sejumlah delegasi negara lain termasuk Wakil Menteri KLH RI, Alue Dohong.

Sedangkan Jumat (12/11) besok, Gubernur Isran Noor bersama Bupati Berau Sri Juniarsih menjadi nara sumber  Pavilion Indonesia Conference of Parties (COP )United Nation Climate Change Confrence (UNFCCC) ke 26  di  Glasgow Inggris sebagai bagian dari soft diplomacy keberhasilan pengendalian perubahan iklim di Kaltim dengan  tema Multi Stakeholders Action for Achieving Indonesia FOLU Sink 2030 :What are RED+ benefits for us?(SK*/SK8)

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020