Kutai Timur

Jalan Usulan Terbanyak di Musrenbang Kecamatan

Jalan Usulan Terbanyak di Musrenbang Kecamatan Bupati Ardiansyah Sulaiman dan Wabup Kasmidi Bulang saat menyaksikan penandatangan berita acara hasil Musrenbang Kecamatan Tahun 2022

SANGATTA (18/3-2021)

Pembangunan infrastruktur terutama jalan, listrik, pendidikan, kesehatan dan air bersih menjadi usulan terbanyak selama Musrenbang Kecamatan (Musrenbancam) Tahun 2022 digelar. Banyaknya usulan akan kebutuhan dasar, diakui Bupati Ardiansyah Sulaiman hal wajar karena Kutim sejak berdiri sejak tahun 1999 lalu memerlukan dana pembangunan yang besar jika ingin mengejar ketertinggalannya.

Dihadapan warga Kongbeng belum lama ini, mantan anggotya DPRD Kutim menyebutkan sejak menjadi anggota DPRD Kutim, persoalan pembangunan infrastruktur menjadi harapan terbesar masyarakat. “APBD Kutim selama ini tak lebih Rp4 triliun, sementara kebutuhan masyarakat mencapai Rp12 triliun lebih bahkan lebih setiap tahunnya. Sementara luas wilayah Kutim sama dengan Provinsi Jawa Barat, keadaan ini menjadi perhatian semua terlebih Kutim masih diberi sumber daya alam yang memadai," sebut Ardiansyah.

Untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyat Kutim, dijelaskannya sejak Kutim berdiri berbagai program sudah dilakukan seperti penambahan jalan kabupaten, sarana air bersih, pendidikan dan kesehatan serta listrik. 

Dari sebagian besar usulan yang disampaikan, ujar Ardiansyah masyarakat meminta peningkatkan kualitas jalan. “Selama ini, jalan yang banyak diusulkan karena jalan merupakan salah satu hal terpenting agar ekonomi rakyat bergerak. Kami  berharap, usulan yang disampaikan bisa diakomodir pada Musrenbang Kabupaten nanti karena usulan yang disampaikan bukan hal baru serta sejalan dengan visi misi ASKB,” sebutnya.

Kepada masyarakat, ia berharap juga menjalin komunikasi dengan perusahaan yang ada agar CSR bisa digelontorkan untuk kepentingan bersama. Pemkab Kutim, jelasnya akan mengkomunikasikan dengan Pemprov Kaltim terhadap program-program yang bisa dibiayai melalui APBD Kaltim seperti pengadaan solar cell yang dibangun di Tanjung Mangkalihat Sandaran.(sK02)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020