Kalimantan Timur

Bupati Sri : Jangan Lupa Berau

Bupati Sri : Jangan Lupa Berau Bupati Berau Sri Juniarsih bersama Gubernur Isran Noor dan Stepi Hakim usai presentasi penanganan iklim di Berau

SAMARINDA (12/11-2021)

        Jika bertandang ke Kaltim tak lengkap jika tidak ke Berau, karena Berau punya potensi wisata luar biasa yang membuat senang dan berkesan.

Berau, kata Bupati Berau Sri Juniarsih,  menawarkan tempat wisata yang indah seperti pulau Maratua di gugusan kepulauan Derawan, Labuan Cermin, Pulau Kaniungan dan wisata hutan mangrove di pesisir timur.

“Berau juga menyimpan wisata yang cukup langka, yaitu lukisan prasejarah berupa handprint di Gua Beloyot dalam kawasan karst yang masuk area dengan nilai konservasi tinggi,” sebut Bupati Sri saat tampil pada talks show di Paviliun Indonesia di arena COP 26 UNFCCC yang digelar di Glasgow Inggris.

 Hal yang menarik, terang Bupati Sri, kawasan karst Sangkulirang-Mangkalihat masuk dalam rencana kawasan lindung yakni sebagai kawasan lindung geologi seluas 345,226.54 hektare.

:Kami menyadari pentingnya perlindungan dan pengelolaan kawasan bernilai konservasi tinggi dan terlibat aktif dalam deklarasi Balikpapan di tahun 2017, dalam rangkaian acara pertemuan tahunan GCF Task Force. Dalam deklarasi tersebut, Kalimantan Timur menyatakan akan melindungi 640 ribu  hektar lahan bertutupan hutan di area peruntukan perkebunan,” ungkap bupati perempuan pertama di Berau ini.

Saat ini, lanjut Bupati Sri, di Berau  teridentifikasi memiliki luas lahan yang harus dilindungi lebih 83 ribu hektar yang sudah ditindaklanjuti dan secara resmi ditetapkan dengan Keputusan Bupati Berau Nomor  287 tahun 2020 sehingga  terdapat potensi pengurangan emisi sebesar 1.8 MTCO2e per tahun, dari 83,000 hektar kawasan yang dilindungi ini

“Komitmen dan keputusan Bupati tersebut ditindaklanjuti di lapangan dengan kegiatan-kegiatan seperti pelatihan identifikasi ANKT bersama Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, pembentukan Tim Ad-Hoc oleh Dinas Perkebunan Berau untuk melakukan inventarisasi dan dokumentasi ANKT pada area konsesi IUP/HGU Perusahaan Perkebunan, melakukan kajian tingkat tapak dan sosialisasi ANKT pada area diluar IUP/HGU,” bebernya dalam paparan yang disaksikan Gubernur Isran Noor.(*/SK8)

 

 

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020