Kesehatan

Ada Yang Terpapar Tidak Perlu Tutup Kantor, Cukup Ketat Terapkan Prokes

Ada Yang Terpapar Tidak Perlu Tutup Kantor, Cukup Ketat Terapkan Prokes Penerapan protokol kesehatan Covid 19 merupakan hal terbaik mencegah penularan virus corona

SANGATTA (26/11-2020)

Jika ada pegawai yang terpapar virus corona, menurut Kadis Kesehatan Kutim, Bahrani Hasanal, tidak harus menghentikan aktifitas kantor seperti Sekretariat DPRD Kutim.  Dinas  Kesehatan Kutim, terang  Bahrani Hasanal, tidak menghentikan aktifitas meski diketahui ada 5 orang  terpapar Covid 19.

“Menghentikan aktifitas perkantoran, tutup kantor bukan bagian dari protokol kesehatan, yang penting adalah melakukan protokol kesehatan. seperti jaga jarak, pakai masker dan sering cuci tangan, serta hindari kerumunan,” sebut Bahrani.

Kalau ada orang sakit  dan ketemu orang sehat, namun  tidak pakai masker perhitungannya  bisa 95-100 persen tertular.  Tapi kalau orang sakit pakai masker,  ujar Bahrani, orang sehat tidak pakai bisa 60 persen tertular. Iapun menlanjutkan, sedangkan orang  sehat pakai, orang sakit tidak pakai maka kemungkinan tertular sekitar 40 persen.

Nah  kalau yang sakit pakai masker dan sehat pakai masker  ada kemungkinan lima persen tertular. “Kalau semua pakai masker, tapi masih kena, itu takdir. Jadi intinya, protokol kesehatan itu satu-satunya cara untuk hindari tertular covid-19, kalau lengah, akan tertular,” katanya

Sementara untuk penanganannya, akan dilakukan sesuai dengan pedoman yakni tes, treatmen atau mengabobatan, tracking atau menelusuri orang yang kontak erat,  serta mengisolasi orang yang terkonfirmasih poisitif covid-19 atau kalau perlu diobati.

“Jadi, walaupun ada vaksin, meskipun itu efektif, tetap protokol kesehatan. Karena vaksin terbatas, dan hanya akan  dilakukan bertahap. Sehingga orang yang belum divaksin, itu akan tetap rentan kena corona. Karena itu, tetap hidup sesuai dengan protokol kesehatan, untuk hindari tertular corona,” katanya. (03)

 

 

    

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020