Kalimantan Timur

Wagub Hadi : Potong Puluhan Ekor Hewan Qurban Dengan Pisau Khusus

Wagub Hadi : Potong Puluhan Ekor Hewan Qurban Dengan Pisau Khusus Wagub Hadi Mulyadi saat akan menyembelih satu hewan qurban pada tahun 2021.

Di hari Raya Idul Adha, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi tidak saja kebanjiran permintaan masyarakat untuk khotbah di masjid mereka. Namun, kebanjiran juga untuk menyembelih hewan qurban baik sapi maupun kambing.

Tak heran, sejak hari pertama, Hadi yang belajar memotong hewan qurban sejak tahun 2000 ini, mendapat permintaan warga masyarakat. Usai menjadi khatib di Masjid Nurul Mu’minin Samarinda, ia diminta panitia menyembelih sapi bantuan Presiden Jokowi yang berbobot 900 Kg.

Tugas baru  menyembelih hewan qurban ini, ia lakoni dalam tiga hari terakhir sehingga tak terasa sudah 23 ekor hewan qurban yang disembelih. Kepiawian Hadi menyembelih hewan qurban, diakui banyak pihak. “Cara menyembelihnya memang tiada duanya, hewan yang disembelih seperti tak merasakan kesakitan dengan cara meronta-ronta,” kata Ramli ketika menyaksikan suami Erni Makmur ini menyembelih sapi di Masjid Nurul Mu’minin.

Untuk melaksanakan permintaan masyarakat, Hadi ternyata mempunyai senjata tajam khusus yang ketajamannya selalu diuji dengan memotong selembar kertas. “Senjata tajam saya banyak, cara mengujinya apakah tajam atau tidak cukup dengan selembar kertas saja,” terangnya seraya memperlihatkan senjata tajamnya yang ia gunakan memotong sejumlah hewan qurban.

Alumni SMA Negeri 1 Samarinda ini, Kamis (22/7) sempat menyembelih 8 ekor hewan qurban sumbagan warga SPANSA 84. Hewan qurban yang disembelih terdiri 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing. “Ada sepuluh senjata tajam yang saya bawa, semua dari berbagai daerah,” sebut Hadi seraya mengaku senang dan punya kebahagian ikut menyembelih hewan qurban.

Sehari sebelumnya, Hadi menyembelih di Masjid Al-Ma’ruf disembelih 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing, sedangkan di Kampus Al-Azhar dari 7 ekor sapi yang disembelih 5 ekor disembelih Hadi.(SK5)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020