Kalimantan Timur

Wagub Hadi : Banyak Hikmah Idul Adha

Wagub Hadi : Banyak Hikmah Idul Adha Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat khotbah Idul Adha 1442 H di Masjid Nurul Mu'minin.(Foto Humas Kaltim)

SAMARINDA (20/7-2021)

Hikmah Hari Raya Idul Adha banyak dirasakan serta diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Wagub Hadi Mulyadi, keihlasan Nabi Ibrahim dan perjuangan Siti Hajjar menjadi pelajaran besar untuk dijadikan pedoman di saat Indonesia dilanda covid 19 yang berdampak terhadap semua sektor.

Dalam khotbahnya di Masjid Nurul Mu’minin Samarinda, disebutkan perjuangan dan semangat menjalankan perintah Allah SWT  oleh Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As, menjadi motivasi tersendiri dalam kehidupan sehari-hari warga Kaltim terutama saat menghadapi pandemi saat ini.

“Ummat Islam  bisa mencontoh perjuangan Nabi Ibrahim yang ingin membangun bangsa dan negeri. Apalagi dalam kondisi pandemi saat ini," sebut Hadi Mulyadi.

Iapun mengingatkan ummat Islam,  juga  mencontoh perjuangan Siti Hajjar yang penuh semangat dan pengorbanan di Bukit Shafa dan Marwah untuk mencari air di padang pasir yang akhirnya diberi Allah SWT dengan mengalirnya air zam-zam tiada henti hingga saat ini.

“Apa yang dialami Nabi Ibrahim, Siti Hajjar  merupakan pelajaran penting, demikian dengan umat Islam yang saat ini sedang diuji dengan  di wabih virus Corona. Dibalik wabah yang ada, kita optimis dengan ihtiar yang ihlas, saling batu membantu, serta berdoa kepada Allah SWT, pada akhirnya kasus Covid akan  berakhir sehingga kita kembali bekerja membangun Kaltim dan Indonesia," sebut Hadi.

Orang nomor dua di Pemprov Kaltim ini secara khusus mengajak ummat Islam di Kaltim untuk merelakan aktifitasnya  untuk sementara berada dalam rumah terutama selama masa PPKM, demi mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran Covid 19. “Dukungan masyarakat, salah satu cara untuk memutus penyebaran Covid 19. Karenanya dengan menerapkan Prokes Covid19 dan membatasi diri untuk berpergian keluar rumah merupakan dukungan terbaik untuk melawan Covid 19,” tandasnya.

Usai shalat dan khatib di Masjid Nurul Mu’minin, Wagub Hadi bersama Fathul Hakim - Ketua Pengurus Masjid Nurul Mu’minin melakukan penyembelihan hewan qurban diantaranya sumbangan Presiden Jokowi.(SK08)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020