Nasional

Tiba di Jakarta, Rombongan Gubernur Langsung Masuk Karantina

Tiba di Jakarta, Rombongan Gubernur Langsung Masuk Karantina Delegasi Kaltim saat foto dengan bola dunia yang disajikan di COP 26 UNF CCCC Glasgow Inggris

SAMARINDA (14/11-2021)

               Setelah menjadi nara sumber di Paviliun Indonesia, Jumat (12/11), Gubernur Kaltim Isran Noor dan rombongan, langsung menuju London untuk kembali ke tanah air. Perjalanan dari Glasgow ke London boleh dikata antara Jakarta ke Surabaya.

               Untuk menempuh perjalanan yang jauh itu, rombongan menginap di Manchester tempat klub sepak Inggris, Manchester United (MU) bermarkas. “Setelah perjalanan lima jam, sebaiknya beristirahat di Manchester, kemudian baru dilanjutkan ke Bandara Heathrow London setelah makan siang,” terang Darryl dari Travel Service Jakarta sebagai travel yang melayani rombongan Pemprov Kaltim selama berada di Inggris.

               Penerbangan dari Londin cukup melelahkan, namun sebelum kembali ke tanah air, semua rombongan melakukan tes antigen secara mandiri kemudian melaporkan hasilnya ke Panitia COP 26 melalui whatshap, sementara untuk penerbangan kembali ke Indonesia melakukan swab PCR di semua klinik di Glasgow.

               Untuk bisa diswab PCR, syaratnya tidak makan dan minum minimal 30 menit sebelumnya. Karena tidak banyak klinik yang melayani PCR, semua rombongan harus antri Panjang di luar klinik dengan cuaca yang dingin. “Alhamdulillah, semua rombongan sudah tiba di Jakarta dan langsung menjalani karantina namun sebelumnya kembali melakukan swab pcr di Bandara 3 Soekarno Hatta,” terang Kepala Biro ADPIM Setda Kaltim M Syafranuddin seraya menambahkan selama karantina tidak bisa kemana – mana kecuali berdiam dalam kamar.

Gubernur Kaltim Isran Noor, selama di Inggris, selain menjadi nara sumber di talk show bertemakan Multi Stakeholders Action For Achieving Indonesia Folu Net Sink 2030, juga sempat bertemu dengan Dubes RI di Inggris, Wamen KLH,  kemudian delegasi Norwegia, Inggris. Selama pertemuan dibahas upaya pembangunan di Kaltim terutama kesejahteraan rakyat yang telah ikut membantu dalam pengurangan emisi.(*/SK8)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020