Kalimantan Timur

Server Bapenda Sudah Baik, Layanan Samsat Kembali Dibuka

Server Bapenda Sudah Baik, Layanan Samsat Kembali Dibuka Ismiati - Kepala Bapenda Kaltim

SAMARINDA (6/7-2021)

Gangguan server Bapenda Kaltim yang terjadi Senin (5/7) kemarin, berhasil diperbaiki Tim IT Bapenda. Dengan demikian, gangguan yang berimbas pada sistem layanan pembayaran pajak kendaraan (PKB) terganggu.

Kepala Bappenda Kaltim Ismiati menerangkan terjadinya crash database Bapenda, sudah diantisipasi sehingga dengan cepat dilakukan recovery. “Alhamdulillah crash pada database Bapenda, semalam telah selesai dilakukan recovery database dan data sudah bisa dibaca kembali,” terang Ismiati.

Ia menambahkan, saat ini juga sudah dilakukan penyesuaian program Pergub Relaksasi pajak sudah dilakukan dan hasil uji coba, berhasil. “Insya Allah, pada Selasa semua channel dan layanan Samsat sudah bisa beroperasi kembali namun diharapkan masyarakat bisa melakukan pembayaran di channel yang ada guna menghindari penumpukan di Kantor Samsat,” pesannya.

Diakui pada Senin (5/7) terjadi gangguan pada server, sehingga berdampak terhadap layanan kepada masyarakat terutama yang akan membayar PKB di Kantor Samsat. Gangguan yang terjadi diakui Ismiati di luar dugaan, meski demikian masyarakat tidak perlu khawatir karena tidak akan dikenalan denda meski telah jatuh tempo pembayaran. “Alhamdullilah, kini sudah baik dan hari ini semua layanan PKB sudah normal namun jangan lupa ingat Prokes Covid 19 guna kesehatan bersama,” imbuhnya.

Mempermudah layanan kepada masyarakat, Bapenda Kaltim sudah berkerjasama dengan sejumlah bank sehingga PKB bisa dilakukan  melalui Chanel E Samsat yaitu pada ATM Bank Kaltimtara, BNI, Mandiri, BCA, BRI Syariah, BTN dan Mobile Banking. Selain itu bisa melalui Pay Kaltimtara, LinkAja, Tokopedia, Gojek dan Samsat Kaltim Delevery termasuk melalui PT Pos Indonesia, Indomaret, Pegadaian dan Samsat Bhabinkamtibmas.(SK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020