Hukum dan Kriminal

Sekda Kutim Ikut Diperiksa

Sekda Kutim Ikut Diperiksa Irawansyah - Sekda Kutim

SANGATTA (28/8-2021)

Mendalami dugaan  penyalahgunaan uang negara pada proyek  pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Solar Cell Home System di Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) tahun anggaran 2020, pemeriksaannya mulai menyasar pejabat Pemkab Kutim. Diantara yang dimintai keterangan tim penyidik Kejari Kutim yakni Irawansyah – Sekda Kutim.

Kepala Kejari Kutim, Hendriyadi W Putro bersama  Kasi Intelijen  Yudo Adiananto menerangkan Irawansyah dimintai keterangan  terkait pengadaan dan penganggaran. Orang nomor tiga di Pemkab Kutim ini, diperiksa lebih kurang 12 jam dengan dengan 53 pertanyaan.

“Pertanyaanya penyidik seperti  bagaiman perencanaan,  penganggaran selaku ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah  dan selaku Pengguna Anggaran (PA). Terutama bagimana mekanismenya dan bagimana pelaksanaannya,”  terang Hendriyadi.

Kasi Intelijen, Yudo Adiananto dan  Kasi Pidsus Wasita Triantara menambahkan  selama pemeriksaan, Irawan menerangkan dengan detail apa yang menjadi kewenangannya termasuk sebagai PA karena merangkap jabatan sebagai Plt Kadus PMPTSP. “Alhamdulillah yang bersangkutan koperatif, sehingga penyidik mendapat gambaran serta alur dari proyek tersebut,” kata Yudo Adiananto.

Diakui, pemeriksaan bisa  terus berkembang berdasarkan data dan keterangan yang dihimpun, karena nya tidak menutup kemungkinan ada pemanggilan ulang untuk mensingkronkan data yang diperoleh. “Kalau ada keterangan yang belum  didapat atau berkembang,  mereka yang sudah dimintai keterangan bisa saja dimintai keterangan lagi,” bebernya seraya menambahkan ada sejumlah saksi yang bakal dimintai keterangan.

Terpisah, Irawan menerangkan telah memberikan keterangan ke Kejari Kutim dengan materi pertanyaan seputar tugas dan fungsi TAPD baik  perencanaan dan penganggaran karena dalam hal itu, saya selaku ketua dan mengkordinir kegiatan TAPD. “Selain masalah TAPD juga status saya sebagai PA di DPMPTSP,” jelasnya seraya menambahkan ia sudah melapor ke Bupati dan Wabup.(SK03)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020