Kutai Timur

Satgas C19 Kutim Berenacana Aktifkan Ronda RT

Satgas C19 Kutim Berenacana Aktifkan Ronda RT Ardiansyah Sulaiman - Bupati Kutim

SANGATTA (15/7-2021)

Sejumlah rencan aksi dirancang  Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 (C19) Kutim terkait masih maraknya virus corona. Dalam rapat koordinasi (Rakor) belum lama ini,  dilakukan evaluasi pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Rakor, bertujuan  merumuskan kebijakan serta kebijakan yang dilakukan jika  kasus Covid 19 terus meningkat.

“Banyak hal yang dibahas, terutama selama  PPKM  diberlukan ada hal-hal baru yang selama ini belum terindektifikasi seperti bagaimana dalam lingkungan RT banyak warga yang terpapar,” terang Bupati Kutim Ardiansyah ketika ditanya hasil rakor yang belum lama ini ia gelar.

Selama ini, kata Didi –sapaan akrab Bupati Ardiansyah,  tim yutisi  sering menjalankan patrol untuk menegakan Peraturan PPKM dan operasi yustitusi  menjadi bahasan utama Rakor.  Orang nomor satu di Pemkab Kutim ini menyebutkan dari evaluasi yang ada, kerumuman masyarakat umumnya di tempat-tempat umum termasuk kawasan Bukit Pelangi. “Mereka berkumpul tidak saja siang hari tetapi malam hari sambil menikmati malam, karenanya ada rencana untuk mematikan lampu yang ada seperti pernah dilakukan di Tenggarong,” ungkapnya.

Namun, efek dari lampu mati, pengawasan harus ketat dan sesering mungkin jangan sampai dengan lampu mati justru menimbulkan masalah baru seperti terjadi  kriminalitas.  “Jadi semua dibahas dan harus menunjukkan keseriusan dalam penangan penyebaran Covid 19,” beber pria yang akrab disapa Didi ini.

Bersama Wabup Kasmidi Bulang serta Sekda Irawansyah, diakui ada wacana setiap RT melakukan ronda terbatas yang melibatkan masyarakat. “Ronda masing-masing RT I ni dilakukan pada RT yang kecamatannya zona merah,” timpal Kasmidi Bulang.

Baik Didi maupun Kasmidi sama-sama khawatir dengan kondisi Kutim yang terus bertahan di zona merah, pasalnya mobilitas masyarakat dalam 2 pekan terakhir tetap tinggi meski terjadi penyekatan.(SK03)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020