Kalimantan Timur

Riza Ajak Jajaran Pemdes Fokus Soal IDM

Riza Ajak Jajaran Pemdes Fokus Soal IDM Pembukaan Rakor IDM se Kaltim

BALIKPAPAN (23/2-2022)

  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi dan kabupaten serta kota se Kaltim, diingatkan Pj Sekda Riza Indra Riadsi, untuk mencari solusi bersama meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) Kaltim terlebih  Kaltim berupaya mampu menembus peringkat tiga besar bahkan nomor satu nasional dalam IDM.

"Selaraskan program yang bisa diselaraskan. Cari solusi tingkatkan IDM. Semoga IDM Kaltim bisa terus meningkat," ucapnya saat mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor ketika membuka Rakor DPMPD Kaltim 2022 di Balikpapan.

Sakin pemntingnya akan IDM, ia minta peserta rakor menyimak cara peningkatan IDM yang dipaparkan para narasumber  diantaranya Kepala DPMD Jawa Barat yang secara nasional menduduki peringkat pertama.

Saat berbicara dengan   Kepala DPMD Jawa Barat terungkap jika ingin rangking IDM Kaltim ingin meningkat harus mencapai skor 0,5. Kini, kondisinya skoring IDM Kaltim masih pada posisi 0,6. Sehingga masih harus ditingkatkan 0,1 poin, meski demikian peringkat Kaltim diakui   cukup baik. "Semoga bisa menjadi minimal peringkat dua nasional. Niatkan ibadah, bekerja optimal untuk bereskan masalah didesa capai IDM," pesannya.

Ia mengakui  kendala yang mungkin dihadapi Kaltim, sehingga peringkat IDM secara nasional belum maksimal dihadapan narasumber dari Kemendagri. Diungkapkan,  kebijakan pusat sering merubah sistem dalam pengadminstrasian keuangan, akibatnya daerah disibukkan masalah administrasi. Sehingga tidak fokus dalam melaksanakan pembangunan desa. "Habis energi mengurusi ini. Gaji PNS saja yang sifatnya rutin terlambat gara-gara sistem baru FMIS. Belum lagi untuk hal lain ternyata, di  Jawa Barat belum menerapkan makanya fokus membangun desa," ucapnya disambut aplaus hadirin.

Dia juga mengingatkan pentingnya mengutamakan penyelesaian penataan batas desa. "Utamakan dikerjakan karena rentan konflik," tegasnya dalam acara dengan narasumber Pusat Kepala Sub Koordinator Bagian Data dan Informasi Setditjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Mustakim, Kasubag Perencanaan Program Kemendagri Zhikrie Azwarie, dan Kepala DPMD Jawa Barat Dikky Saromi.(SK04)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020