Hukum dan Kriminal

Menteri KKP Diamankan KKP Sepulang Dari Amerika Serikat

Menteri KKP Diamankan KKP Sepulang Dari Amerika Serikat Menteri KKP EP (foto Ist)

JAKARTA (25/11-2020)

Sepulang dari Amerika Serikat, Menteri Kelautan dan Perikanan RU, EP, Rabu (25/11) dini hari, dijemput tim penindakan KPK. EP diamankan bersama istri dan sejumlah pejabat esselon II serta pegawai KKP lainnya.

Apa yang menyebabkan EP diamankan bersama 17 orang lainnya ini, hingga Rabu siang belum diperoleh wartawan. Namun belakangan, ada dugaan terkait izin ekspor baby lobster atau benur.

Rombongan Menteri EP, diamankan tim penindakan  KPK di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. “Benar,saat ini Menteri EP bersama pejabat serta rombongan lainnya sedang diperikas i Gedung Merah Putih KPK,” terang Plt Jubir KPK Ali Fikri.

Kepada Swara Kutim.com, mantan pegawai Kajari Sangatta ini menyebutkan selain pejabat di KKP, juga diamankan pihak swasta. “Dugaan saat ini, kasus gratifikasi namun rinciannya akan disampaikan pada jumpa pers,” terangnya.

Jika benar EP terlibat kasus gratifikasi, ia akan menjadi meteri pertama di kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin yang dicokok KPK. EP sendiri dikenal sebagai menteri yang mengijinkan benur lobster di ekspor seperti ke Vietnam, sebelumnya eskpor benur di era Susi, dilarang.(012)




editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020