Kalimantan Timur

Camat Diingatkan Sekda Kaltim Tegakan Netralitas di Pilkada

Camat Diingatkan Sekda Kaltim Tegakan Netralitas di Pilkada Sekda Kaltim M Sa'bani saat memberikan pengarahan kepada camat yang mengikuti penilaian camat berprestasi se Kaltim tahun 2020

SAMARINDA (20/111)

Camat sebagai ASN dan penyelenggara pemerintahan, wajib mentaati peraturan terlebih terkait dengan Pilkada. Kenetralan camat, sebut Sekda Kaltim, M Sa’bani harus diwujudkan jangan sampaia camat ikut terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung untuk memenangkan salah satu pasangan calon.

"Camat selaku  perangkat daerah termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) betul-betul  netral sehingga pelaksanaan Pilkada serentak berjalan langsung, umum, bebas rahasia dan jurdil. Serta jangan sampai ada camat yang terkena sanksi kerana tidak netral,"  kata Sa'bani usai membuka penilain camat berprestasi tingkat provinsi Kaltim tahun 2020.

Selain  netral, ujar  Sa'bani,  camat juga  menghimbau  bawahannya  betul-betul netral dan tidak ikut-ikutan terlibat mendukung salah satu pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada  serentak 9 Desember mendatang. “Bagaimana camat dan perangkatnya mensukseskan Pilkada,jangan ikut-ikutan mensukseskan Paslon,” tandasnya.

Seorang camat, harus bisa memastikan Pilkada di wilayhanya berjalan lancar dan aman, demokratis serta warga masyarakat yang punya hak pilih diberi kebebasanya akan pilihannya guna menghasilkan pemimpin daerah yang berkualitas dan amanah. “Peran Camat salah satunya, bagaimana bisa mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan benar,” imbuhnya.

Sa’bani berharap, camat bersinergi dengan lurah dan Kades untuk   mensosialisasikan  Pilkada Tahun 2020 sehingga  menjadi pemilih yang cerdas untuk menentukan pemimpinnya. “Ajak masyarakat memilih, tapi jangan lupa taat protokol kesehatan,” pesannya dihadapan puluhan camat yang mengikuti penilaian camat berprestasi tahun 2020 se Kaltim.(07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020