Kesehatan

Kasus Covid Meningkat, Pasca Liburan Panjang

Kasus Covid Meningkat, Pasca Liburan Panjang Petugas menggunakan APD saat menangani pasien Covid 19 yang wafat

SAMARINDA  (9/1-2021)

Kasus Covid 19 di Kaltim, dalam pekan pertama bulan Januari 2021 mengalami  peningkatan dengan daerah penyebaran merata. Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, pada Rabu (6/1) menerangkan  terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 375 kasus, sedangkan  Kamis (7/1)  positif 479 kasus dan Jumat (8/1)  meningkat positif 512 kasus.

Peningkatan terjadi diduga ada hubungannya dengan liburan pada Natal hingga Tahun Baru 2021. "Betul sekali, se Indonesia semua tinggi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Padilah Mante Runa,Jumat (8/1).

Disebutkan, meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berkorelasi dengan masa libur panjang yakni sebelum Natal, hingga tahun baru 2021 meski masa libur sempat dipangkas pemerintah. Berdasarkn analisis, kata Padilah, bertambahnya kasus Covid 19  sesuai dengan masa inkubasi virus hari ke-7 sampai hari ke-10. “Jika dihitung masa libur natal sejak 24-27 Desember 2020 maupun libur tahun baru 31 Desember 2020 - 3 Januari 2021, maka sangat relevan kalau saat ini masuk masa inkubasi virus. Sejak awal wabah corona merebak, telah disampaikan masa inkubasi virus adalah 14 hari," bebernya.

Tingginya angka positif memasuki minggu kedua Januari ini merupakan bagian masa inkubasi virus. Padilah mengingatkan sejak awal (sebelum masa libur), pemerintah telah mengingatkan dan terus mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah pencegahan tertular Covid. "Salah satunya tetap di rumah dan tidak berkunjung ke kawasan wisata ataupun fasilitas umum yang banyak kerumunan orang," jelasnya.

Ia berharap masyarakat tetap patuh anjuran pemerintah dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari. "Selalu pakai masker, jaga jarak aman dan tidak berkerumun, serta biasakan cuci tangan pakai sabun atau hand sanitazer," imbuhnya.(sK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020