Kalimantan Timur

Isran : Ingatkan Masyarakat Waspadai Ancaman Cuaca Akhir Tahun

Isran : Ingatkan Masyarakat Waspadai Ancaman Cuaca Akhir Tahun Banjir di Samarinda (Foto ist)

SAMARINDA (23/11)

Masyarakat Kaltim diingatkan Gubernur Kaltim Israan Noor untuk mewaspadai cuaca ekstrim yang kerap terjadi di akhir tahun. Salah satu cuaca yang wajib diwaspasdai yakni hujan dengan intensitas tinggi.

Kewaspadaan yang patut ditingkatkan pada musim hujan, ujar Isran yakni terjadinya banjir, longsor dan kesehatan. “Kawasan banjir, menjadi perhatian serius karena dengan intensitas hujan yang tinggi menyebabkan kawasan langganan banjir akan banjir terlebih disaat air laut pasang,” ungkapnya.

Kini, ujar Isran, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kaltim telah mengeluarkan peringatan bahwa Kaltim memasuki fenomena La Nina atau fase dingin dari El Nino (cuaca panas) namun kenyataannya hujan lebat terjadi hampir setiap hari. “Kita waspada, hampir semua bencana potensinya ada di Kaltim," ungkapnya.

Masa pancaroba di musim penghujan ini lanjutnya, memicu cuaca dingin dan curah hujan cukup tinggi, sehingga mengakibatkan air hujan berlebih dan tidak tertampung. Sebaliknya, fase cuaca panas ekstrim akan menimbulkan kebakaran terutama, kebakaran hutan dan lahan  dan tidak menutup kemungkinan kebakaran di kawasan pemukiman. 

 Oleh karena itu, langkah antisipasi perlu dilakukan semua pihak, baik pemerintah, aparat Polri dan TNI, swasta dan masyarakat.  "Saya  apresiasi Polda Kaltim sudah melakukan konsolidasi kesiapsiagaan dan antisipasi bencana alam," bebernya.(07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020