Politik

Idris : Pilkada di Kaltim, Sukses

Idris : Pilkada di Kaltim, Sukses Wagub Hadi Mulyadi dengan M Idris - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim.

SAMARINDA (19/1-2021)

Masalah Pilkada Tahun 2020 yang digelar di Kaltim, menjadi topik pembicaraan antara Wagub Hadi Mulyadi dengan M Idris - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Rumjab Wagub Kaltim itu,  Senator asal Kaltim yang getol memperjuangkan pembentukan Kabupaten Kutai Utara, mengaku kedatangannya  untuk melakukan  monitoring dan evaluasi Pilkada Tahun 2020 lalu.

"Kami sepakat pilkada selanjutnya bahwa pasangan calon gubernur, bupati dan walikota untuk menghindari kotak kosong. Bukan itu yang kita harapkan. Kalau begitu, kehidupan demokrasi kita turun," kata pria yang akrab disapa Idris ini.

Ia menyebutkan, beberapa dibahas dalam pertemuan dengan Wagub Hadi Mulyadi, diantaranya  pelaksanaan Pilkada yang berjalan dengan baik, namun tingkat partisipasi pemilih yang masih di bawah target. 

Selain itu,  ujar Idris, ia mendekusikan  verifikasi Undang-Undang Pilkada. 

Diharapkan, lanjut Idris, pelaksanaan Pilkada dan Pileg serta Pilpres tidak dijadikan satu pada tahun 2019 lalu dimana banyak menelan korban jiwa. “Penyelenggaraan Pileg terlebih dahulu, kemudian setelah mendapatkan kursi DPR, DPRD Provinsi dan kabipaten/kota, dilanjutkan dengan pemilihan eksekutif, seperti Pilpres dan Pilkada Gubernur, Bupati/Walikota,” beber Idris seraya menyebutkan tetap di tahun yang sama.(sK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020