Kalimantan Timur

Hanya 1 Tahun, PT BSJ Berhasil Bangun Kandang Sapi

Hanya 1 Tahun, PT BSJ Berhasil Bangun Kandang Sapi Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat menyerahkan hasil kerjasama masyarakat dengan PT BSJ

LOA JANAN (1/4-2022)

               Setelah setahun mulai dibangun,  kandang sapi BLT milik PT Berkah Salama Jaya (BSJ) di Desa Tani Bhakti Kecamatan Loa Janan Kutai Kartanegara, diresmukan Wakil Gubernur Kaltim  Hadi Mulyadi.

Target kerja yang diterapkan PT BSJ diapersiasi Wagub Hadi Mulyadi, karena PT BSJ bisa membantu masyarakat dan pemerintah  dalam pengembangan lokasi sekaligus pilot projek penggemukkan sapi. PT BSJ beserta koperasi produsen ternak BSJ Loa Janan ini bisa menjadi percontohan desa-desa lainnya di Kaltim," kata Hadi Mulyadi usai meresmikan Kandang sapi Bantuan Langsung Tunai (BLT), untuk masyarakat di Desa Tani Bhakti, sekaligus menyaksikan penyerahan bagi hasil penggemukkan sapi dan penyerahan kelompok BLT dari Koperasi Produsen Ternak  BSJ Kaltim di Loa Janan.

Pemprov Kaltim, lanjut Hadi Mulyadi  berkomitmen dalam upaya   peningkatan ternak di Kaltim, dengan memberikan bantuan maupun kemudahan dalam memberikan perizinan maupun menghubungkan dengan barbagai pihak, baik perbankan maupun para ahli yang yang lain, sehingga bisa terwujud.

“Desa lain yang ingin mengembangkan peternakan sapi maupun penggemukkan sapi bisa berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim dan PT BSJ di Desa Tani Bhakti Loa Janan," pesan Hadi.

Iapun mengharapkan program pembangunan peternakan yang digarap Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalim tetap  eksis untuk meningkatkan produksi daging dan telur lokal, sehingga bisa mandiri dan berdaulat pangan asal ternak di Kaltim dan terutama mendukung Provinsi Kaltim sebagai ibu kota negara (IKN).

Direktur Utama PT BSJ Suparlan mengatakan kandang penggemukkan yang baru diresmikan berkapasitas 120 ekor sapi, sehingga luas kandang induk yang ada sebelumnya yang berkapasitas hampir 900 ekor khusus untuk di Desa Tani Bhakti saja, belum lagi 93 kelompok lainnya yang tersebar di 9 kabupaten kota di Kaltim.

“Peresmian kandang BLT dibangun berdasarkan hasil keuntungan dari Program Kemitraan dengan PT Pertamina, yang merupakan salah satu bagian dari program CSR dan Bina Lingkungan," kata Suparlan.

PT BSJ maupun Koperasi Ternak Berkah Salama Jaya Kalim bertekad membantu kesejahteraan peternak sapi di Kaltim dengan cara kemitraan dengan peternak, selain itu  memberikan dukungan teknis untuk pengembangan dan pembibitan bahkan penggemukan ternak sapi. Yaitu dengan cara pendampingan, pelatihan, pengelolaan, dan tata cara pemberian pakan serta lainnya.(SK04)

 

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020