Kutai Timur

Distan Kutim Galan Petani Lawan Corona

Distan Kutim Galan Petani Lawan Corona Sejumlah bibit diserahkan ke petani oleh Dinas Pertanian Kutim

SANGATTA (26/11-2020)

Pandemi Covid-19  membuat   ekonomi  masyarakat terganggu, bahkan  banyak  usaha masyarakat gulung tikar.  Membantu masyarakat, Pemkab Kutim melalui Dinas Pertanian (Distan) belum lama ini melaksanakan program pemulihan ekonomi di sektor pertanian akibat Covid-19 agar ekonomi petani tetap bertahan.

Kepala Distan Kutim Sugiono bersama Kepala Seksi Produksi dan Perlindungan Hortikultura Wayuhi Nor, Kamis (26/11) menerangkan  progres program pemulihan ekonomi khususnya sektor hortikultura di awal November telah mencapai 90 persen. 

“Dimasa pandemi tahapannya  berbeda,  Distan  berkoordinasi sambil identifikasi apa yang dibutuhkan petani. Kita mendesain agar bantuan tidak hanya satu jenis saja,” terang Sugiono.

Komoditi cabai, Distan Kutim  melakukan pengembangan lahan  lebih 40 hektare dan tersebar dibeberapa kecamatan seperti  Teluk Pandan, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Kaliorang dan Telen. Kemudian, pengembangan tanaman semangka tersebar di Rantau Pulung, Kaubun dan Kaliorang.

“Distan Kutim  juga kembangkan tanaman tahunan, karena tanaman tahunan didesain agar petani bisa merencanakan ekonomi mereka untuk jangka panjang dan jangka pendek. Dalam artian jangka pendek mereka bisa memanfaatkan sela-sela tanaman itu untuk tanaman lain yang bisa produksi dalam jangka pendek. Dengan harapan untuk ekonomi mereka sehari-hari bisa terpenuhi,” timpal  Wahyudi.

Tanaman jangka panjang, kata Wahyudi,  tiga komoditas dikembangkan seperti durian yang dikembangkan di Telen seluas 11,5 Ha, kemudian  kelengkeng dikembangkan di Karangan dengan luasan 12 Ha dan alpukat dikembangkan di Sangatta Utara sekitar 10 Ha.

“Diharapkan, pertanian di Kutim bisa bangkit dalam artian bangkit ekonomi petani tetap terjaga. Nilai jual produksi petani bisa ditingkatkan sekaligus sebagai antasipasi di masa pandemi,” urai Wahyudi. (04)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020