Hukum dan Kriminal

Dinihari Tadi, Dugaan Politik Uang di Kongbeng Masuk Panwascam

Dinihari Tadi, Dugaan Politik Uang di Kongbeng Masuk Panwascam Pelaporan dugaan politik uang di Kongbeng

SANGATTA (8/12-2020)

Dugaan money politik  terus ditemukan Tim ASKB, dengan semangat untuk menjadikan Pilkada Kutim Tahun 2020 bersih dari kecurangan dan mendidik masyarakat untuk tidak terlibat praktik kurang baik, Tim ASKB, Selasa (8/12)  melaporkan dugaan politik uang di wilayah Gunung Gajah Kongbeng. “Kami melaporkan seorang oknum pegawai perusahaan di Kongbeng, karena secara nyata kami duga telah melakukan pencedraan Pilkada Kutim yakni memberi uang pemilih dengan pesan agar memilih Paslon tertentu,” terang Rinto Hasyim, Selasa (8/12) dini hari tadi.

Disebutkan, laporan yang disampaikan ke Panwascam bukan mengada-ngada atau fitnah tetapi dibuktikan dengan foto, dokumen bahkan video serta uang sebanyak Rp1,6 juta. “Kami tidak memfitnah, tetapi ini demi tegaknya demokrasi yang baik dan menghasilkan pemimpin yang amanah, mengayomi masyarakat lewat kebijakan pembangunannya. Kalau awal-awalnya sudah tidak benar, kami menyangsikan bisa memperhatikan rakyat,” kata Rinto.

Terkait laporannya, disebutkan Kamis (3/12) lalu,  sebanyak 30 orang dipanggil secara terpisah oleh He, Ar dan Syah. Kepada warga Gunung Gajah yang sebagian besar pekerja perusahaan perkebunan kelapa sawit itu, ujar Riyanto yang saat melapor didampingi Fajar Bagus dan Ikhwan Syarif dari Tim Advokasi / Legal ASKB, diberikan uang sebesar Rp400 ribu dengan syarat memilih Paslon tertentu. 

Sementara itu,  Felly Lung - Ketua Tim Advokasi dan Legal ASKB mengaku telah berkordinasi dan mengawal seluruh laporan yang masuk di Central Bakkundu dan Bawaslu Kabupaten. “Akan ada tindakan lanjut dari Bawaslu Kabupaten turun ke Panwas Kecamataan Kecamataan yang di laporkan, salah satunya Sangkulirang,” terangnya.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Kutim, Andi Mappasiling, Senin (7/12) mengakui kasus dugaan money politik di Sangkulirang sudah  masuk pembahasan Gakumdu, sementara di Muara Wahau dan Kongbeng masih ditangani Panwascam.(sK02/03/04)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020