Kutai Timur

Diguyur Hujan, Jalan Sanpul Ambles Puluhan Meter

Diguyur Hujan, Jalan Sanpul Ambles Puluhan Meter Kondisis Jalan Sangatta Rantau Pulung Yang Amblas

SANGATTA (5/9-2021)

Pengguna jalan Sangatta – Ratau Pulung (Sanpul) terutama yang menggunakan roda empat, kini kembali menggunakan ruas Jalan Rantau Pulung – Simpang Perdau jika ingin ke Sangatta, termasuk pengguna jalan dari Berau serta pedalaman Kutim.

Pasalnya, jalan kabupaten ini, Ahad (5/9) longsor. Keterangan yang dihimpun Swara Kutim.com, jalan eks HPH yang dibangun PT Kaltim Prima Coal (KPC) ini, kerap mengalami kerusakan baik akibat tanah longsor atau badan jalan yang tergrus air sehingga  menyebabkan jalan amblas.

Sejumlah warga masyarakat menyebutkan, tanda-tanda badan jalan bakal amblas sudah terlihat sejak beberapa hari lalu yakni terdapat rekahan atau retak pada jalan. “Keretakan itu  semakin membesar dari hari kehari, sehingga ketika hujan lebat membuat jalan amblas beberapa meter ke sisi kanan dari Sangatta,” terang Surianto (45) seorang pedagang sayur yang kerap melintas di milik Pemkab Kutim ini.

Diakui, jalan yang mempersingkat waktu tempuh warga jika ke Berau, MuaraWahau serta sejumlah kecamatan di pedalaman Kutim ini, terus mengalami kerusakan.

Sementara kendaraan yang melintas tidak saja kendaraan kecil tetapi sejumlah truk pengangkut kelapa sawit, disisi lain upaya perbaikan belum maksimal karena Pemkab Kutim terkendala dana.

Terpisah, Felly Lung Superintendent Public Communication PT KPC menerangkan KPC Dinas PU Kutim untuk melakukan perbaikan  jalan ambles. “Sejak Hari Kamis KPC sudah melakukan kegiatan  bersama Dinas PU Kutim, untuk melakukan perbaikan sementara sejumlah alat berat segera dikerahkan agar bisa dilintasi masyarakat terutama kendaraan roda empat atau mini bus,” terang Felly Lung.(SK04)


Redaksi

Penulis Sejak 01 Nov 2020