Politik

Digugat, Bawaslu Kutim Sudah Siapkan Data

Digugat, Bawaslu Kutim Sudah Siapkan Data Andi Mappasiling - Ketua Bawaslu Kutim

SANGATTA (6/1-20201)

Jika ikut digugat, Bawasli Kutim siap menghadapi gugatan pasangan Mahyunadi -  Lulu Kinsu (MAKIN) yang kini terdaftar di Mahkamah Konstitusi (MK). Ditemui wartawan di Mapolres Kutim, Ketua Bawaslu Kutim Andi Mappasiling menyebutkan kesiapan Bawaslu sudah disiapkan lama ketika sejumlah pengaduan Makin disampaikan.

Andi Mappasiling mengakui sudah mengetahui materi gugatan MAKIN diantaranya hasil perhitungan suara yang  memang masuk rana MK, demikian dengan  gugatan lainnya  seperti   penunjukan PLT Kepala Dukcapil Kutim  termasuk OPD yang kosong pejabatnya oleh  Bupati Kutim Kasmidi Bulang yang diketrahui sebagai salah satu pasangan calon peserta Pilkada Kutim.

“Yang digugat adalah SK KPUD Kutim, karena masalah sengketa perhitungan suara, bisa diajukan ke MK, kalau perbedaan suara itu hanya sekitar 1-2 persen. Tapi di Kutim ini kan perbedaannya 10 persen. Jadi, kita tunggu saja, apakah diregister perkaranya atau tidak, karena meski diajukan kalau tidak memenuhi syarat, itu tidak akan diresgister dalam pekara yang disidangkan” beber Andi Mappasiling.

Terkait penunjukan Plt Kepala dinas,   sudah pernah ditangani Bawaslu bahkanb juga dilaporkan  Bawalu pusat. Namun dari  hasil klarifikasi yang dilakukan terhadap pihak terkait, yang dilakukan Bawaslu  termasuk tim Gakumdu  tidak memenuhi syarat.  “Intinya tidak ada pelanggaran adminitrasi, apalagi pidana di situ,” katanya.

Meski demikian, ia mengakui jika masalah penunjukan Plt oleh Plt Bupati Kutim dianggap memenuhi syarat untuk diadili di  MK, Bawaslu Kutim sebagai pihak terkait sudah siap beberkan apa yang dilakukan Bawaslu dalam pengawasan di Pilkada Kutim. “Gugatan itu bagus,  karena memang ini  dibolehkan secara hukum,  kalau tidak puas. Ini juga akan jadi panggung bagi Bawaslu, untuk membuktikan apa yang dilakukan,  termasuk dalam proses laporan yang diajukan pihak penggugat ini ke Bawaslu, meskipun tidak terbukti,” ungkap Andi Mappasiling.(sK02/03)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020