Kutai Timur

Catatan Ke Turki (11) : Istana Topkapi Mempesona, Ada Pedang Nabi Muhammad SAW

Catatan Ke Turki (11) : Istana Topkapi Mempesona, Ada Pedang Nabi Muhammad SAW Istana Topkapi dari UIdara (Foto Republika)

SALAH SATU obyek wisata di Istanbul – Turki yang selalu dikunjungi wisatawan yakni  Istana Topkap? yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah. Istana yang berdiri kokoh di perbukitan ini,  tampak jelas dari Selat Tanjung Golden Horn, Selat Bosphorus, dan Laut Marmara.

                Dalam catatan sejarah, istana Topkapi mulai dibangun Sultan Mehmed II mulai tahun 1459. Areal istana ini, terdiri dari empat lapangan utama dan  bangunan-bangunan kecil tak heran disebut-sebut pern ah dihuni 4 ribu orang. Sebagai  pusat administrasi Kekaisaran Ustmaniyah dan  kediaman Sultan dan keluarganya tak heran Istana Topkapi terlihat luas, besar sangatdan mewah. Catatan yang ada, luas Istana Topkapi yakni 700 ribu M2 dengan  tembok sepanjang 5 km.

Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, Istana Topkapi  digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan kegiatan lainnya. Kenapa wisatawan banyak berkunjung ke Istana ini, karena saat ini masih  berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim diantaranya  pedang dan jubah Nabi Muhammad SAW. “Ratusan benda bersejarah ada di Istana Topkapi ini, Istana ini telah menjadi museum jadi siapa saja bisa berkunjung,” beber sang guide yang tak diketahui namanya itu.

Pada tahun 1921 Kekaisaran Ustmaniyah, jatuh,  Istana Topkapi  dijadikan museum tanggal 3 April 1924 dan hingga kini menjadi  bagian sejarah penting di Turki terutama Istanbul, kemudian UNESCO menjadikannya sebagai   Situs Warisan Dunia UNESCO.  “Istana Topkapi adalah istana tertua di dunia,” terang seorang petugas ketika menerima rombongan wisatawan asal Ubekistan.

Jika kita berada di dalam Istana Topkapi, pasti melihat  tiga ruang  dapur  luas, kemudian raung harem yakni tempat tinggal istri-istri kaisar dan anak-anaknya, serta gedung-gedung pemerintah. Istana Topkapi  memiliki 4 halaman yang luas dengan taman yang indah yang asing-masing halaman dibatasi  tembok dan pintu gerbang yang indah.

Menariknya, semua dinding ruang  harem dihiasi dengan keramik warna biru sehingga menampakan keindahannya, atau boleh dikata sebagai kecintaan sultan kepada harem.  “Indah sekali bukan ruangan ini,” cerita petugas tadi.

Ada sekitar 300 ribu dokumen yang tersimpan di perpustakaan dan ruang arsip. Selain itu ada itu ada lukisan, perhiasan dan barang pribadi milik sultan dan keluarganya. Terdapat juga beberapa peninggalan sejarah Islam lainnya diantaranya milik  Nabi Muhammad SAW.(bersambung/syafranuddin)

 

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020