Hukum dan Kriminal

Bupati Bandung Barat Bersama Anaknya Diamankan KPK

Bupati Bandung Barat Bersama Anaknya Diamankan KPK KPK memperlihatkan barang bukti yang diamankan saat Jumpa Pers KPK soal Bupati Bandung Barat dan anaknya terlibat dalam kasus korupsi dana Bansos Covid 19.(foto ist)

JAKARTA (9/4-2021)

Bupati Bandung Barat – Jabar, AUS menambah daftar pejabat negara yang ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terlibat kasus korupsi korupsi. AUS, diamankan Jumat (9/4) bersama AW – anak kandungnya.

Anak bapak ini, diamankan KPK,  karena terlibat dalam  korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020. "Hari ini tersangka AUS sebagai Bupati Bandung Barat periode 2018-2023 dan tersangka AW ditahan karena terlibat dalam pengadaan Bansos Covid 19,” terang  Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam konferensi pers, Jumat (9/4).

Bersama Plt Jubir KPK, Ali Fikri, dijelaskan  AUS dan AW ditahan untuk 20 hari kedepan terhitung mulai tanggal 9 April 2021 sampai dengan 28 April 2021. Sebelumnya KPK  menetapkan pemilik PT  Jagat Dir Gantara (JDG)  dan CV Sentral Sayuran Garden City Lembang - M Totoh Gunawan , terlibat.

"Setelah melakukan proses penyelidikan dan menemukan bukti permulaan yang cukup, KPK meningkatkan status perkara ke tahap penyidikan dengan menetapkan tersangka AUS - Bupati Bandung Barat periode 2018-2023, AW dan MTG pemilik PT JDG dan CV SSGCL," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers, Kamis (1/4) lalu.

KPK melalui tim penyidik KPK memeriksa  30 orang saksi yang terdiri Pegawai  Pemkab Bandung Barat dan beberapa pihak swasta lainnya. “Kini KPK terus mendalami, namun ada kerugian negara yang cukup besar dari kasus yang melibatkan Bupati AUS dan AW serta MTG ini, karenanya mereka diamankan terpisah,” beber Nurul Gufron.(sK12)



editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020