Nasional

Presiden Hari Ini ke IKN

Presiden Hari Ini ke IKN Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para Gubernur se Indonesia di Hotel Novotel Balikpapan.

BALIKPAPAN  (14/3-2022)

Presiden Jokowi  akan berada di Kaltim selama tiga hari yakni  sejak tanggal 13 Maret 2022, selama di Kaltim, Presiden  akan memberikan pengarahan kepada gubernur se Indonesia sekaligus mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono saat konfrensi pers di Hotel Novotel Balikpapan, Ahad (13/3) malam menerangkan,  34 gubernur se Indonesia dan 15 tokoh masyarakat yang dipilih Gubernur Kaltim Isran Noor untuk mengikuti kegiatan Presiden Jokowi di Balikpapan dan IKN.

Bersama  Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, Kapolda Kaltim Irjen Polisi Imam Sugianto, Komandan Paspampres Letjen Maruli Simanjuntak dan Sekretaris Militer Presiden Marsma TNI Mohamad Tonny Harjono, diterangkan  di hari kedua, Senin (14/3) kegiatan Presiden dipusatkan di titik nol kilometer IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Bapak Presiden berangkat pagi hari, besok Senin ke IKN bersama para menteri dan gubernur se Indonesia melakukan sebuah prosesi memanjatkan doa keselamatan dan menjunjung tinggi kearifan lokal Kaltim," jelasnya.

Kasetpres menambahkan Presiden mengajak 34 gubernur mengisyaratkan pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan program IKN. "Bapak Presiden meyakini ini adalah pekerjaan cukup besar untuk bangsa dan negara, sehingga semua elemen masyarakat diminta mendukung, tentunya mohon doanya," jelasnya.

Diuraikan, usai prosesi adat,  Presiden bersama seluruh gubernur akan melakukan penanaman pohon yang telah disiapkan Setpres, Kementerian PUPR dan Kementerian LHK. Kemudian pada, Selasa (15/3),  Presiden meninjau lokasi IKN bersama unsur masyarakat Benua Etam didampingi Gubernur Isran Noor beserta Kapolda Kaltim dan Pangdam VI Mulawarman.

"Bapak Presiden akan bermalam di IKN. Dan, keesokan harinya, Bapak Presiden akan melihat-lihat beberapa lokasi, antara lain lokasi Nursery  oleh Kementerian LHK untuk segera melakukan penghijauan dan penanaman pohon diberbagai titik lokasi di IKN," bebernya.

Terkait berbagai pertanyaan dan tanggapan masyarakat bahwa Presiden Jokowi menginap di IKN, Kasetpres menjelaskan semuanya dilakukan secara sederhana dan disiapkan sesuai prosedur keamanan kepala negara. "Kami ketika menginap di IKN ini, tentunya apa adanya. Dan, Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana, namun tidak mengurangi keamanan beliau," pungkas Heru Budi Hartono.(SK07)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020