Kalimantan Timur

Biro Humas Kaltim, Ajak Wartawan Kunjungi Paser

Biro Humas Kaltim, Ajak Wartawan Kunjungi Paser Sejumlah wartawan yang mengikuti kunjungan jurnalistik ke Paser yang digelar Biro Humas Kaltim

SAMARINDA (13/11)

Untuk menambah wawasan insan pers di Kaltim, Biro Humas Setda Provinsi Kaltim, Kamis (13/11) menggelar  kunjungan jurnalistik ke  Paser. Kunjungan jurnalistik yang digelar ke 6 ini, merupakan kelanjutan  workshop pembelajaran jurnalistik peningkatan pemahaman kesadartahuan publik untuk melindungi hutan. 

Rombongan para jurnalis dilepas secara simbolis oleh Kabag Humas  Biro Humas Setda Provinsi Kaltim Andik Riyanto, mewakili Kepala Biro Humas Kaltim.  Didampingi Kasubbag Publikasi Inni Indarpuri dan Kasubbag Eksternal Internal Hj Murni, diharapkan dari kunjungan jurnalitik banyak informasi Kaltim bisa diekspose.

“Kunjungan jurnalistik itu berbeda dengan berita biasa. Silakan tuangkan hasil liputan anda dalam karya jurnalistik yang bagus dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat, khususnya warga di sekitar hutan," pesan Andik Riyanto sebelum pemberangkatan.

Andik juga mengingatkan agar karya jurnalistik dibuat secara bijak, khususnya terkait rencana besar pembangunan ibu kota negara (IKN) yang merupakan rencana pemerintah pusat.

Pasalnya, kata Andik, beberapa desa yang akan dikunjungi tercatat memiliki tutupan hutan yang sangat baik demgan komitmen yang baik pula dari masyarakat untuk menjaga hutan mereka. Jika pun terdapat kekurangan, tentu harus dijelaskan sebab dan langkah yang sudah dan akan dilakukan pemerintah.

"Yang jelas, karya jurnalistik harus berorientasi pada kepentingan yang lebih luas," pesan mantan reporter dan penyiar RRI Samarinda  itu.

Kepada para wartawan Andik mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan dan kesehatan, baik keselamatan di jalan maupun bahaya  Covid-19 terlebih  rombongan yang berangkat sebelumnya sudah menyerahkan hasil rapid nonreaktif. "Harus jaga kesehatan dan keselamatan, jangan sampai pulang justru membawa malapetaka. Malah kita yang diberitakan," pesannya.

Wartawan juga diminta untuk tidak ragu bertanya kepada para pendamping dari DDPI agar berita lebih berkualitas dan akurat.  Selama di Paset, peserta kunjunghan jurnalistik akan bertandang ke  Desa Muara Adang, Lolo dan Modang di Kecamatan Long Ikis dan Kuaro. (08)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020