Kalimantan Timur

Balikpapan, Bontang dan Berau Naik Status

Balikpapan, Bontang dan Berau Naik Status Gubernur Kaltim Isran Noor bersama sejumlah pejabat Pemprov Kaltim mengamati data yang disajikan pemerintah pusat terkait kasus Covid 19.

SAMARINDA (9/7-2021)

Bertambahanya korban Virus Corona di Indonesia termasuk di Kaltim dalam beberapa hari terkahir, menyebabkan 15 kabupaten dan kota di luar Jawa dan Bali, statusnya ditingkatkan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro diperketat menjadi PPKM Darurat.

Dari 15 daerah yang naik status, Balikpapan, Botang dan Berau termasuk. Kabar mengejutkan ini, terungkap saat berlangsung Rapat Evaluasi Implementasi PPKM Mikro Diperketat secara virtual,Jumat (9/7) siang.

Rapat yang diikuti Gubernur Isran Noor, langsung ditindaklanjuti dengan memberikan arahan kepada Walikota Balikpapan, Bontang dan Bupati Berau. "Kita siap melaksanakan instruksi pemerintah pusat ini Pak Menko," kata Isran Noor kepada Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai pimpinan rapat.

Dalam laporannya, Isran menerangkan, didukung TNI dan Polri, PPKM terus digalakan di Kaltim terutama dalam penyadaran serta operasi yustisi serta penyekatan pada daerah tertentu agar mobilitas masyarakat terbatas sehingga penyebaran virus corona tidak menyebar luas.

Didampingi pejabat terkait penangan Covid 19, Isran menambahkan   dengan peningkatan status Balikpapan, Bontang dan Berau, Pemprov dan Satgas Covod 19 akan memprioritaskan pembagian vaksin lebih banyak.

"Kalau Kaltim masuk PPKM Darurat, agar Menteri Kesehatan prioritaskan vaksin,  Pemprov Kaltim  sudah bersurat,” kata Isran Noor.

Rakor diikuti Mendagri, Menteri Kesehatan, Kepala BNPB dan Menteri Agama, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan akan kebijakan pemerintah dan terus memantau perkembangan kasus Covod 19. “Jumlah Asesment level 4 meningkat, kasus aktif terus meningkat cukup tinggi, BOR diatas 65 persen, dan vaksinasi dibawah 50 persen," terang Airlangga Hartato.(SK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020