Nasional

Arafah Memutih Saat Wukuf

Arafah Memutih Saat Wukuf Suasana wukuf di Arafah yang disiarkan Haji Hasibuan melalui vlognya.

SANGATTA (19/7-2021)

Usai melaksanakan shalat dzuhur yang dijamak dengan asar (18.15 Wita di Kaltim,red), puluhan ribu jamaah haji langsung mengikuti khutbah wukuf yang dilaksanakan di Masjid Namira. Tanpa disadari, air mata mulai membasahi pipi jamaah yang mewakili 150 negara.

Muhammad Hasibuan salah seorang yutuber dalam vlognya menyebutkan ribuan jamaah haji yang hanya mengenakan ihram – dua helai kain putih tanpa merek dan dijahit, langsung melakukan beragam kegiatan mulai berdoa, zikir serta membaca Al-Quran.

Melalui vlognya, Hasibuan menggambar situasi Arafah terutama seputar Masjid Namira yang padat dengan jamaah haji namun tetap menjaga jarak satu dengan lainnya. Kondisi yang jauh berbeda dengan musim haji beberapa tahun lalu ini, diceritakan membuat jamaah khusuk dalam beribadah terutama saat mulai berdoa memohon ampun orang tua, keluarga serta diri sendiri. “Tak terasa, menangis,” cerita Hasibuan yang sudah lama bermukim di Makkah.

Saat ini ada 327 orang WNI yang berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun 2021, WNI yang bergabung dengan puluhan ribu jamaah lainnya ini sebelumnya mendaftar ke Kantor Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi. Mereka yang mendapat ijin bisa melaksanakan ibadah haji adalah yang memenuhi syarat seperti sudah melakukan vaksin Covid 19 secara penuh, setelah itu membayat biaya.

Selama 5 hari, mereka ditangani travel yang telah ditunjuk Pemerintah Arab Saudi. Tamu-tamu Allah SWT yang kini berada di Muzdalifah untuk mabit sebelum melontar jamaraat, diberikan fasilitas istimewa seperti tempat menginap setara hotel bintang lima. (SK01)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020