Kutai Timur

Abdul Kader : Awal Karir Anggota Polsus Kehutanan

Abdul Kader : Awal Karir Anggota Polsus Kehutanan Acara pelepasan Abdul Kader yang telah memasuki purna tugas sebagai ASN

SANGATTA (3/11)

Kebahagian tampak sekali di raut wajah Abdul Kader (60) – Kepala Badan Kesbangpol Kutim, hari yang ia nantikan yakni memasuki gerbang purna tugas sebagai ASN, sejak Ahad (1/11) ia lewati. “Alhamdulillah, saya bisa melewati gerbang purna tugas sebagai ASN, tentu selama berkarya 37 tahun banyak suka dan dukanya namun semua itu dilewati semata-mata sebagai bentuk pengabdian kepada negara,” kata Abdul Kader.

Dalam acara pelepasan yang digelar  keluarga besar Kesbangpol Kutim ini, menjadi surprise karena juga hadir Pjs Bupati Kutim, Jauhar Effendi, Sekda Irawansyah dan Asisten Pemkesra Suko Buono serta puluhan pejabat Pemkab Kutim.

Abdul Kader, ternyata bagi Jauhar Efendi merupakan teman lamanya. Saat sama-sama masih bertugas Pemprov Kaltim tempo dulu. “Perilaku positif dari seorang Abdul Kadir penting untuk diteladani dan kemudian diimplementasikan, sebagai contoh adalah sikap disiplin menghagai waktu dan selalu siap selama bertugas,” ujar Jauhar saat menerangkan sosok mantan anggota Polsus Kehutanan Kutai ini.

Jauhar mengakui, tugas Badan Kesbangpol  yang memiliki tupoksi tidak terukur seperti pembinaan. Namun dari semua itu yang mesti selalu diingat ialah bahwa jabatan merupakan kepercayaan, bukanlah hak.  “Penting diketahui seamua ASN,  cuti itu hak sesorang, sedangkan jabatan itu amanah. Jadi pemimpin harus  adil bukan dzolim. Sebab setiap pemimpin di yaumil akhir bakal diminta pertanggungjawaban baik di dunia maupun di akhirat,” pesannya.

Sebagai pimpinan, Jauhar tak lupa mendoakan Abdul Kader senantiasa sehat beserta keluarga. Meski telah purna tugas, Jauhar meminta agar Abdul Kadir tetap menjaga tali silaturahim dengan seluruh jajaran Pemkab Kutim dan lainnya. “Karena silaturahim dipercaya memanjangkan umur, terima kasih dedikasi yang luar biasa,” kata Jauhar di acara yang dirangkai penetapan Suko Buono sebagai Plt Kaban Kesbangpol Kutim.

Abdul Kader yang hadir bersama istri dan anak,  secara khusus memohon maaf kepada rekan-rekannya selama bertuga di Kutim. Pria kelahiran Loa Pari ini, mendoakan seluruh rekan kerja di Badan Kesbangpol agar selalu diberi kelancaran, kesuksesan dan selalu dalam bimbingan serta perlindungan  Allah Subhannahu wa Ta’ala.  ”Hubungan silaturahim yang sudah terjalin selama ini tetap berlanjut,” pinta Abdul Kader dalam acara yang juga dihadiri sejumlah mantan ASN Badan Kesbangpol baik yang masih aktif namu bertugas ditempat lain maupun yang sudah pension.

Suami dari Aisyah ini, meniti karir dari pegawai dengan status golongan II, kemudian setapak demi setapak naik hingga mencapai 1V c. Pria yang akrab disapa Kader ini, bertugas di Kutim selama 21 tahun dari masa kerjanya yang mencapai 37 tahun. 

Jabatan yang ia pernah jabat diantaranya Kabag Pembangunan, Kabag Ortal, hingga yang terakhir  Kepala Badan Kesbangpol yang dijalaninya lebih 6 tahun.(02)



editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020