Ekonomi dan Keuangan

Bantuan UKM Sebesar Rp2,4 Juta Diminati, Diharap Berlanjut

Bantuan UKM Sebesar Rp2,4 Juta Diminati, Diharap Berlanjut Bantuan UKM Sebesar Rp2,4 Juta Diminati, Diharap Berlanjut

SANGATTA (22/12-2020)

Sebagai pelaku usaha mikro, ratusan warga Kutim, Selasa  (22/12) mendaftar di Dinas Koperasi dengan harapan mendapat bantuan usaha mikro senilai Rp2,4 juta per keluarga dari pemerintah pusat. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kutim Husaini, menerangkan pendaftaran usaha  mikro sudah tutup sejak 20 November 2019. “ Mungkin karena dengar temannya mendapat bantuan, jadi mereka baru datang mendaftar. Bisa juga, mereka baru tahu, sehingga mereka datang mendaftar.  Harapan mereka, tahun depan juga masih ada bantuan serupa agar mereka juga dapat,” terangnya.

Ditemui di kantornya, Husaini menyebutkan ada 6.022 orang yang dapat bantuan usaha mikro dampak Covid 19. Penerima bantuan pemerintah pusat diusulkan melalui Dinas Koperasi, BRI dan Pegadaian.  “Usulannya terseleksi dengan sendirinya, karena persyaratan yang ada seperti batasan omset,  tidak terkait dengan utang bank atau tidak punya utang Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bank,” beber Husaini yang dibenarkan Tptpl Mardiono - Sekertaris Dinas Koperasi Kutim.

Disebutkan,melalui  bantuan Rp2,4  juta diharapkan usaha mikro ini  kembali begeliat yang  pada akhirnya  mampu meningkatkan daya beli masyarakat kembali, agar ekonomi masyarakat pada umumnya, bisa kembali bergerak. “Karena kendala adminitrasi dan berbagai kendala lain, sehingga  pencairan terlambat.  Meskipun demikian,  diharapkan akan tetap bisa  dimanfaatkan masyarakat untuk kembali membuka usaha mereka,” terangnya.

Sementara Toto menambahkan, pada tahun 2021  program serupa tetap digulirkan. Sebab, kondisi  ekonomi masyarakat saat ini, belum pulih, seperti sedia kalah.  Jika bantuan ini masih ada tahun depan, maka tentu yang mendaftar  di akhir tahun ini, juga bisa diharapkan akan dapat bantuan,” jelasnya.(sK-02)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020