Kutai Timur

Zeky : Tepian Langsat Terus Berbenah Menuju Kecamatan

Zeky : Tepian Langsat Terus Berbenah Menuju Kecamatan Peta Wilayah Calon Kecamatan Tepian Langsat

SANGATTA (8/3-2022)

Kepala Desa Tepian Langsat Zeky Hamzah saat berlangsung  Musrenbangcam Bengalon dan Rantau Pulung (Ranpul), menyatakan desanya  terus berbenah dan mematangkan persiapan agar bisa menjadi kecamatan.

“Soal proses desa menuju pemekaran kecamatan kita tidak ujuk-ujuk. Kita sudah menyiapkan grand master plan jadi proses kerjanya step by step untuk mengikuti regulasi yang ada,” tegas Zeky Hamzah yang langsung mendapat aplusan peserta Musrenbangcam.

Dihadapan Bupati Kutim Ardiansyah dan Wabup Kasmidi Bulang, dijelaskan,  Bengalon yang kini terdiri  11 desa dan kini sudah mengusulkan  4 desa baru. Intinya, ungkap Zaky, desa harus mempersiapkan dirinya dan salah satunya kelengkapan seperti jumlah kepala keluarga  yakni pada Tepian Maju, Tepian Benua,Tepian Kudung, Tepian Tonang dan Tepian Pudung Murung. “Artinya ini lima  desa kita usulkan menjadi desa pemekaran baru, dalam proses aturan untuk bisa menjadi kecamatan dibutuhkan 20 desa definitif,” bebernya seraya mengakui masih ada calon desa yang bias dikembangkan.

Diakuinya, menjadi kecamatan, dapat melahirkan banyak desa baru serta mempercepat pembangunan selain itu mempersingkat birokrasi.  Dengan semangat, ia menyebutkan Tepian Langsat luas arealnya 260 ribu hektare dengan penduduk yang terus berkembang karena banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Harapan terwujudnya kecamatan, diakuinya harus melalui tahapan yang namun ia telah mengkalim tahapan persiapan mencapai 70 persen seperti syarat  wilayah, jumlah penduduk dan fasilitas penduduk sudah layak dan siap. “ Saya menjaga kehormatan Pemkab Kutim, tidak ujuk-ujuk minta ke kecamatan. Tapi kita berproses sesuai aturan, target secepatnya, kami tinggal menunggu dari jawaban Pemkab Kutim, doakan saja,” sebut Zeky kepada wartawan usai Musrenbang.(SK05)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020