Kesehatan

Waspada, Virus Corona Varian Delta Sudah Masuk Kaltim

Waspada, Virus Corona Varian Delta Sudah Masuk Kaltim Jenazah korban virus corona di RSU AW Syahrani Samarinda sebelum dimakamkan di Pemakaman Serayu Tanah Merah.

SAMARINDA (20/7-2021)

Dukungan masyarakat untuk melawan  Virus  Covid 19 di Kaltim, diharapkan. Perkembangan kasus serta penangangan pasien di rumah sakit termasuk ketersediaan peralatan medis, terus dipantau melalui system informasi yang ada. 

Koordinasi antartim, rumah sakit dan daerah ditingkatkan setelah diketahui ada pasien Covid 19 yang terpapar virus Corona varian Delta. “Dugaan saat ini, banyakya pasien Covid 19 baik yang dirawat di sejumlah rumah sakit maupun isolasi mandiri akibat berkembangnya Varian Delta di Kaltim,” terang Kepala Biro Humas Setda Kaltim, M Syafranuddin.

Varian yang berkembang di India dan masuk Indonesia beberapa bulan lalu,  dijelaskannya, sudah menyebar di beberapa daerah termasuk Kaltim. “Di Kaltim, informasinya  Varian Delta ada setelah dilakukan pemeriksaan  sampel dari sejumlah  pasien yang sedang dirawat di RSU AW Syahrani bulan Juni lalu ke Litbangkes,” terangnya.

Berdasarkan penelitian, terang pria yang akrab disapa Ivan ini,  Virus corona Delta lebih mudah menular dan berbahaya. Selain itu, virus corona varian Delta bisa menyebabkan anak-anak positif Covid-19. 

Mengutip keterangan Kepala  Kesehatan Queensland, dr Jeannete Young,  varian Delta ini dapat menular melalui kontak dengan durasi sekitar 5 hingga 10 detik.

Gejala awal penderita virus corona varian Delta antara lain sakit perut, hilangnya selera makan,mual, nyeri sendi, gangguan pendengaran.

Sementara Tim Spector, menyebutkan, pasien seperto mengalami  flu yang parah kemudian sakit kepala sakit tenggorokan, pilek, dan demam. “Warga Kaltim harus meningkatkan kewaspadaan, jangan lengah serta terus menerus menerapkan Prokes Covid 19 terutama selalu memakai masker, mencuci tangan serta menjauhi kerumuman,” pesan Syafranuddin.(SK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020