Nasional

Selama Ramadhan Hingga Lebaran : Kondisi Kaltim Aman, Stok Sembako Juga

Selama Ramadhan Hingga Lebaran : Kondisi Kaltim Aman, Stok Sembako Juga Wagub Kaltim Hadi Mulyadi mengamati data keamanan dan sembako di Kaltim bersama Kapolda Katim Irjen Polisi Imam Sugianto.

BALIKPAPAN (14/4-2022)

                Kamtibmas Kaltiim sebelum dan selama Ramadhan, aman. Ketersediaan Sembako, masih memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, menjelang lebaran warga masyarakat yang akan mudik lebaran diprediksi banyak akibat sudah dua tahun tertunda.

                Wagub Kaltim Hadi Mulyadi usai mengikuti Rapat Kordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Persiapan Pengamanan Idul Fitri 1443 H tahun 2022 di Mapolda  Kaltim mengungkapkan ketersedian sembako untuk  satu setengah bulan ke depan, aman, kecuali beberapa barang seperti  tepung yang mungkin mengalami kenaikan harga akibat terjadinya perang antara Rusia dengan Ukraina.  “Impor gandum berasal dari kedua negara yang sedang berperang itu,” terang Hadi.

Rakor yang digelar virtual ini, dipimpin Kepala Kepolisian RI Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, diikuti  Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian serta sejumlah menteri. Di Mapolda Kaltim, hadir Kapolda Katim Irjen Polisi Imam Sugianto, Inspektorat Kodam VI  Mulawarman, Brigjen TNI Bambang Indrayanto, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim AFF Sembiring dan Kepala Basarnas Balikpapan, Melkianus Kotta.

“Dari evaluasi dari sejumlah  kementerian terkait persiapan Idul Fitri 1443 H dan arus mudik, dimana  pengamanan, kesiapan moda transportasi, tenaga kesehatan, stok BBM hingga laporan cuaca disimpulkan semuanya aman dan terkendali,” ungkapnya.

Diakui, dari sejumlah daerah, kemacetan diperkirakan terjadi  di Pulau Jawa dan Sumatra karena diprediksi arus mudik bakal lebih banyak baik mobil maupun sepeda motor. Sedangkan arus mudik dari Kaltim, umumnya menggunakan kapal laut dan pesawat udara dengan tujuan Sulawesi dan Pulau Jawa. “Titik-titik kemacetan dulunya di Jalan Balikpapan – Samarinda, namun itu bisa lancar karena sudah ada tol,” sebut orang nomor di Pemprov Kaltim ini.

Kepada warga masyarakat yang melakukan aktifitas selama Ramadhan, Idul Fitri serta mudik, diingatkan untuk tidak melupakan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid 19. “Hal terpenting saat ini, tetap Prokes dengan selalu memakai masker, cuci tangan serta tetap menjaga jarak,” imbuh Hadi Mulyadi.(SK08)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020