Kesehatan

Samarinda Belum Masuk Level 4

Samarinda Belum Masuk Level 4 Proses pemeriksaan warga masyarakat yang masuk kota Samarinda

SAMARINDA (21/7-2021)

Sempat  masuk level 4 atau darurat, Kota Samarinda  berdasarkan Inmendgari  tanggal 20 Juli 2021 justru di posisi pada PPKM Mikro. Penentuan status Samarinda saat pandemic Covid 19, terang Kepala Biro Humas Kaltim, M Syafranuddin berdasarkan kasus Covid 19 yang terdata di pemerintah pusat. Namun, ia membenarkan pada saat Rakor dengan Presiden Jokowi, Senin (19/7) lalu, status Samarinda masuk level 4 bersama Berau, Bontang, dan Balikpapan.

Dalam Rakor Evaluasi awal pekan lalu,  istilah  Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat (PPKM-D) yang dianggap menyeramkan, diganti  berdasarkan tingkatan atau level.  Saat rakor berlangsung, Kota Samarinda langsung masuk level 4 atau setara dengan darurat.

“Sekarang diganti menjadi tingkatan, sementara Samarinda langusng level empat ," kata  Gubernur Kaltim Isran Noor setelah mengikuti Rakor Evaluasi Penerapan PPKM se Indonesia secara virtual Senin (19/7).

Saat itu, Kota  Samarinda, ujar  Kepala Dinas Kesehatan Padilah Mante Runa, sebab jumlah warga terpapar masih cukup tinggi dengan indikasi ketersediaan tempat tidur (BOR) di rumah sakit atau pusat karantina dan realisasi vaksinasi menjadi dasar penetapan PPKM. "Kebijakan ini harus kita sikapi dengan semakin meningkatkan kesadaran bahwa pandemi ini masih terjadi. Dan kuncinya, tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, lebih ketat, itu saja," pungkasnya.(SK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020