Kalimantan Timur

Jelang Lebaran, Kadishub Kaltim Cek Sendiri Kondisi Bus

Jelang Lebaran, Kadishub Kaltim Cek Sendiri Kondisi Bus Kadis Perhubungan Kaltim AFF Sembiring Saat Mengecek Kondisi Salah Satu Bus Gelora di Balikpapan.

BALIKPAPAN (14/4-2022)

                Tidak ingin ada kecelakaan lalulintas saat mudik lebaran atau pasca lebaran, tim Dinas Perhubungan Kaltim, Kamis (14/4) melakukan pengecekan kondisi sejumlah angkutan umum terutama bus antarkota di Terminal Bus Balikpapan Pool Bus Gelora.

                Pemeriksaan yang dipimpin Kepala Dinas Perhubungan Kaltim AFF Sembiring ini, tidak menemukan hal-hal serius terhadap kondisi kendaraan. “Semua bagus, karenanya dipasang stiker namun pengecek rutin oleh pemilik perusahaan wajib dilakukan terlebih bagi kendaraan yang melayani rute jauh seperti ke Banjarmasin atau Melak dan Berau,” kata Sembiring.

                Sembiring tak membantah, pengecekan yang melibatkan Polda Kaltim dan Dinas Perhubungan Kaltim, sesuai arahan Kapolri. “Inspeksi keselamatan atau ramp chek dilakukan terhadap semua bus di pool perusahaan Bus Gelora Balikpapan, nantinya semua kendaraan akan dilakukan karenanya diharapkan semua Dishub se Kaltim untuk melakukan pengecekan dan pengarahan kepada semua awak kendaraan agar lebih mengutamakan keselamatan,” imbuhnya.

Lebih jauh, ia menyebutkan, ada  tiga  target dari pemeriksaan  yakni memastikan kendaraan memenuhi syarat teknis dan laik jalan yaitu kelengkapan administrasi kendaraan, pemeriksaan fisik dan kelengkapan sarana penunjang. “Semua di cek mulai surat kendaraan, masa berlaku kirnya. Kalau fisik ya kita periksa kondisi kendaraan seperti mesin, sistem pengereman dan lain-lain,” ungkapnya seraya menambahkan kondisi ban.

Selain mengecek kondisi angkutan darat, Dishub Kaltim berencana melakukan pengecekan angkutan lainnya seperti kapal, ferri dan kapal wisata. “Kapal wisata, karena pada libur Idul Fitri kan banyak masyarakat yang berwisata menggunakan kapal seperti kapal susur sungai Mahakam, namun masyarakat juga diimbau untuk taat dengan safety jangan asyik berfoto ria lupa keselamatan diri sendiri,” pesannya.(SK05)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020