Kalimantan Timur

Rombongan Gubernur Tiba di Edinburg Skotlandia

Rombongan Gubernur Tiba di Edinburg Skotlandia Seorang seniman Skotlandia ketika menyambut kedatangan wisatawan di Edinburg

SAMARINDA (10/11-2021)

               Sehari menjelang tampil sebagai nara sumber di Gubernur Kaltim Isran Noor  di Pavilion Indonesia Conference of Parties (COP ) United Nation Climate Change Confrence (UNFCCC) ke 26   Glasgow Inggris, Gubernur Kaltim Isran Noor, Rabu (10/11) sore tiba di  Edinburgh -  Ibukota Skotlandia.

               Perjalanan dari London ke kota sejarah yang berpenduduk tak lebih 500 ribu jiwa ini, sekitar 5 jam dengan menggunakan kereta api. Kepala Biro ADPIM Setda Kaltim, M Syafranuddin menerangkan rombongan Pemprov Kaltim yang terdiri Bupati Berau Sri Juniarsih dan Ketua Komisi IV Rusman Ya’kub, bermalam di salah satu negara United Kingdom of Great Britain, selama dua malam. “Memilih bermalam di Edinburgh karena di Glasgow karena sudah tidak ada tempat menginap, semua hotel sudah diisi penuh delegasi peserta COP UNFCCC yang terdiri lebih seratus negara,” terang Syafranuddin.

               Meski menginap di Edinburgh, rombongan akan menggunakan bus ke Glasgow  karena hanya berjarak sekitar 75 Km yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Pada hari pertama di Glasgow, Kamis (11/11), Gubernur Isran Noor dengan jumlah terbatas akan bertemu dengan beberapa delegasi negara peserta COP UNFCCC guna membahas kerjasama dan penanganan perubahan iklim. “Ada beberapa negara ingin bertemu langsung dengan Pemprov Kaltim, mereka mengenal Kaltim karena hutan dan program penanganan perubahan iklimnya,” sebut Stepi Hakim – Staf Khusus Gubernur Kaltim.

Syafranuddin menambahkan, sebagai bagian dari soft diplomacy keberhasilan pengendalian perubahan iklim di Kaltim. Gubernur Isran Noor dan Bupati Berau Sri Juniarsih, Jumat (12/11)    menjadi nara sumber di  talkshow dengan tema Multi Stakeholders Action for Achieving Indonesia FOLU Sink 2030 :What are RED+ benefits for us?

Acara yang digelar di Glasgow ini dijadwalkan mulai  pukul 10.40 waktu Inggris atau 18.40 WITA akan menjadi perhatian peserta COP 26 dan ribuan wartawan se dunia. Namun untuk masuk areal, tidak mudah karena peserta sudah terdaftar sejak beberapa bulan lalu dan wajib menjalani pemeriksaan Covid 19.(*/SK8)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020